Share

Tiga Kota Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Reza Jailani, Jurnalis · Senin 22 September 2014 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 43 1042451 ObyD4Pe5KS.jpg Roy Suryo (Foto: Sindo)
A A A

JAKARTA – Pada 2018 mendatang tiga kota besar Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games, yaitu Jakarta, Palembang, dan Bandung. Kepastian itu diungkapkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo.

 

"Alhamdulillah sudah ada kepastian Indonesia menjadi host country, karena ada tiga kota yang jadi penyelenggara yaitu Jakarta, Palembang (Sumsel) dan Bandung (Jabar). Perwakilan Jawa Barat sayangnya tidak bisa hadir karena berhalangan," kata Roy, seperti dilaporkan Antara, Senin (22/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ada pun kepastian ini didapat setelah Roy Suryo menandatangani nota kesepahaman tepat sebelum pembukaan Asian Games 2014, di Incheon Korea Selatan. Penandatanganan nota kesepahaman juga dilakukan di Tanah Air dengan melibatkan dua pejabat daerah yang terlibat yaitu Alex Noerdin (Gubernur Sumatera Selatan) dan Basuki Tjahaja Purnama (Wakil Gubernur DKI Jakarta).

Keputusan tiga kota  sebagai penyelenggara bukan keputusan dari Roy, melainkan permintaan dari Komite Olimpiade Asia (OCA) yang berkaca dengan persiapan di Korea Selatan. Jakarta sebagai ibu kota menjadi persyaratan dan harus dilibatkan dalam pesta olahraga terbesar di Asia itu. Rencananya Stadion Utama Gelora Bung Karno akan menjadi tempat pembuka dan Stadion Jakabaring, Palembang akan menjadi venue penutup.

Pihak Indonesia dilarang untuk membangun venue baru, kecuali pembangunannya akan selesai sebelum 2016. "Ini untuk menghindari kejadian di Incheon di mana wali kota sebelumnya sangat mendukung acara Asian Games, tapi wali kota yang saat ini menjabat tidak begitu mendukung acara ini sehingga banyak venue yang terbengkalai. Makanya OCA sudah wanti-wanti agar Indonesia tidak membangun venue baru," ujarnya.

"Oleh karena itu pula GBK akan direnovasi dan dipastikan sudah selesai pada 2016," kata Menpora.

Dia mengatakan DKI Jakarta dipastikan akan membangun satu velodrome untuk arena balap sepeda. Arena itu juga dipastikan akan rampung sebelum 2016.

Sementara Palembang yang berpengalaman menjadi tuan rumah SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games 2013 akan berbenah diri.

"Kalau di Bandung, Stadion Gedebage atau Bandung Lautan Api akan dibangun intersection dengan ujung tol Padalarang-Cileunyi. Itu juga sudah ditinjau, jadi mudah-mudahan lancar," ujarnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini