Share

Menpora Minta Olahraga Berkuda Dihidupkan Kembali

Reza Jailani, Jurnalis · Rabu 24 September 2014 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 24 43 1043441 EZli7O36bb.jpg Larasati Gading (Foto: Antara)
A A A

BONJOL – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo melihat ada potensi yang bisa digali di cabang olahraga berkuda, khususnya di wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Hal itu ia ungkapkan saat hadir di peringatan titik kulminasi, Selasa 23 September 2014.

"Saya berharap setiap daerah mengembangkan satu olahraga yang khusus dikembangkan di wilayah itu, seperti salah satunya di Sumbar, kita berharap olahraga berkuda ini dapat kembali dibangkitkan, sebab dulu disini sangat terkenal dengan olahraga tersebut," kata Roy Suryo, di Bonjol, seperti dikutip oleh Antara, Rabu (24/9/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Roy juga menginginkan Sumbar menjadi mecusuar untuk membangkitkan olahraga berkuda secara nasional. Selain berkuda, Menpora menganggap pencak silat juga menyimpan potensi dan harus dilestarikan. Apalagi pencak silat merupakan aset budaya nasional.

"Pencak silat merupakan olahraga asli Indonesia, dan itu juga dapat dibuktikan, dari relief yang ada di candi Borobudur, dimana disana ada lukisan yang memperlihatkan pencak silat tersebut, sebab itu patut kita pertahankan," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, terkait olahraga berkuda beberapa waktu lalu, Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, menjelaskan, di Sumbar prestasi olahraga berkuda dari 42 Kejuaraan Nasional Pacu Kuda Pordasi, telah tujuh kali menjadi juara umum. Terakhir atlet berkuda putri Indonesia, Larasati Gading menyumbang medali perunggu di Asian Games 2014.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini