Share

15 Bintang Olahraga yang Malah Jatuh Miskin

Reza Jailani, Jurnalis · Jum'at 21 November 2014 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 21 43 1068691 15-bintang-olahraga-yang-malah-jatuh-miskin-hEJKY09oKb.jpg Mike Tyson salah satu mantan atlet yang bangkrut (Foto: Reuters)
A A A

GUNAKAN uang Anda dengan bijak. Kalimat tersebut bisa menjadi gambaran bagaimana beberapa tokoh olahraga dunia yang hidup berlimpah kekayaan dengan hasil keringatnya sendiri saat masih jaya kemudian harus mengalami krisis finansial alias jatuh miskin.

Banyak hal dan faktor yang dapat menggelapkan mata manusia di antaranya adalah kehidupan malam, gaya hidup hedon, minum minuman keras, berjudi, hingga main perempuan dapat menjadi batu sandungan yang terasa begitu menyenangkan di awal tapi malah akhirnya menyakitkan.

Seperti 15 tokoh olahraga yang tadinya makmur berlimpah harta tapi kemudian dinyatakan bangkrut, merangkum dari Euro Sports, Jumat (21/11/2014):

1 . David James (Manten kiper Tim Nasional Inggris dan Liverpool)

Banyak yang mengira bahwa James sudah hidup berlimpah harta dan tak akan kekurangan sepanjang hayatnya usai mendapatkan lebih dari 20 juta pounds selama berkarier. Namun apa yang terjadi? Bintang lapangan hijau itu tidak menggunakan uangnya dengan bijak dan baik.

Pada Mei 2014, mantan kiper Liverpool itu diklaim mengalami kebangkrutan. Sebelumnya pada 2005 ia bercerai dengan sang istri, Tanya. Peristiwa itu ditengarai menjadi awal kebangkrutan James. Lebih parah lagi, pada November ini James diketahui menjual beberapa benda berharganya selama berkarier di rumput hijau.

2. Keith Gillespie (Mantan winger Irlandia Utara)

Pria yang mengawali kariernya di Manchester United itu dinyatakan bangkrut pada 2010 lalu dan dilaporkan kehilang uang sebesar 7,2 juta pounds yang ia dapat saat masih berkarier.

Bagaimana mungkin hal itu terjadi? Dalam sebuah pengakuannya, Gillespie mengakui dirinya gemar menghambur-hamburkan uang di meja judi selama bertahun-tahun. Selain kehilangan begitu banyak uang, ia juga mengklaim harus menjual beberapa benda berharganya.

3. George Best (Legenda Manchester United)

Melalui masa keemasan di Old Trafford selama 11 tahun (1963–1974) dan diketahui memiliki kekayaan melebihi 60 juta pounds, George Best mengakui dirinya begitu banyak menghabiskan uang dengan hal-hal yang percuma.

Pria yang meninggal pada 25 November 2005 itu menyatakan telah menghamburkan uang hasil keringatnya sendiri dengan minuman keras, mobil mewah, dan wanita. Sisanya? Berfoya-foya.

4. Mike Tyson (Mantan petinju Kelas Berat Dunia)

Siapa yang tak kenal Mike Tyson? Petinju berjuluk si Leher Beton itu diketahui meraup kekayaan mencapai 200 juta pounds di masa emasnya. Tyson juga dinobatkan sebagai salah satu petinju kelas berat terbaik sepanjang masa.

Namun secara mengejutkan, Ia dilaporkan mengalami kesulitan finansial dan dinyatakan bangkrut pada Agustus 2003.

5. Marion Jones (Mantan pelari Amerika Serikat)

Marion Jones merupakan satu di antara atlet-atlet tenar yang tersandung dengan kasus doping. Pada Olimpiade Syndey 2000, ia mencatatkan prestasi dengan torehan tiga medali emas. Namun kemudian didiskualifikasi karena diketahui menggunakan doping dan menjalani hukuman kurungan selama enam bulan.

Pada 2006, perempuan yang kini berusia 39 tahun itu diketahui mengalami krisis finansial, padahal ia pernah tinggal bersebelahan dengan legenda NBA, Michael Jordan.

6. Evander Holyfield (Mantan petinju Kelas Berat)

Holyfield adalah seorang mantan penguasa petinju kelas berat dunia. Dia dilaporkan memiliki kekayaan mencapai 150 juta pounds selama berkarier. Namun pada 2008, ia dinyatakan bangkrut oleh pengadilan Georgia.

7. Eric Djemba-Djemba (Mantan pemain Manchester United)

Empat tahun setelah mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson memboyongnya ke Old Traffford pemain asal Kamerun itu dinyatakan bangkrut. Tepatnya pada 2003 dan saat ini ia masih aktif bermain bersama klub Indian Super League, Chennaiyin F.C.

8. Lee Hendrie (Mantan pemain Tim Nasional Inggris dan Aston Villa)

Lee Hendrie pernah membela Tim Nasional Inggris satu kali dan dinyatakan bangkrut pada 2012 setelah hanya menghasilkan 30 ribu pounds selama berkarier di lapangan hijau.

9. Celestine Babayaro (Mantan pemain Chelsea dan Newcastle United)

Babayaro adalah pemain yang merasakan masa keemasan di Premier League saat berseragam biru Chelsea pada 1997 hingga 2005 dan menutup karier di Major League Soccer (MLS) bersama Los Angeles Galaxy.

Parahnya, ia sempat mendapatkan bayaran hingga 25 ribu pounds per pekan dia puncak kariernya tapi pria asal Nigeria itu dinyatakan bangkrut pada 2011.

10. Brad Friedel (Mantan kiper Tottenham Hotspur)

Brad Friedel adalah mantan kiper Tottenham Hotspur dan hingga kini masih bekerja untuk Hotspur namun dengan pekerjaan pokok yang berbeda. Saat ini ia menjadi duta Spurs di negeri asalnya, Amerika Serikat dan pada 2009 lalu diketahui mengalami bangkrut dengan total utang mencapai 5 juta pounds.

11. John Arne Riise (Mantan pemain Liverpool dan AS Roma)

Kehidupan yang aneh terjadi kepada John Arne Riise, pada 2007 pria asal Norwegia itu dilaporkan mengalami kebangkrutan setelah tidak mampu membayar hutang senilai 100 ribu pounds. Padahal semasa bermain di Liverpool, Riise memperoleh gaji mencapai 50 ribu pounds per pekannya.

12. Jason Euell (Mantan pemain Southampton)

Penyerang kelahiran 6 Februari 1977 itu dilaporkan bangkrut setelah menyadari dirinya menjadi korban penipuan. Sebuah laporan menyebutkan selama 17 tahun berkarier di lapangan hijau, Jason Euell mendapatkan penghasilan mencapai 6 juta pounds.

13. Carl Cort (Mantan pesepakbola Inggris)

Kasus Cort hampir sama dengan Euell, dia dinyatakan bangkrut usai menyadari dirinya sebagai korban penipuan.

14. Kenny Anderson (Mantan pebasket NBA)

Anderson menjalani kariernya di liga basket tertinggi Amerika Serikat dan Kanada (NBA) selama 14 tahun dan dilaporkan menumpuk harta mencapai 40 juta pounds. Namun dirinya dilaporkan mengalami kesulitan finansial untuk membiayai tujuh orang anak dari lima istri yang berbeda.

15. Eddie the Eagle (Mantan atlet Ski Jumper)

Eddie the Eagle adalah seorang legenda di cabang olahraga ski jumper dan diklaim bangkrut pada 1992 dengan membiarkan uang senilai 5 juta pounds hilang begitu saja. Eddie menyalahkan tim manajemen yang telah ia percayakan untuk mengurus seluruh kekayaannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(FAP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini