Share

Langgar Aturan, Hasil Kualifikasi Red Bull Dibatalkan!

Fajar Anugrah, Jurnalis · Minggu 23 November 2014 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 23 37 1069515 langgar-aturan-hasil-kualifikasi-red-bull-dibatalkan-yl0VSR09ZZ.jpg Hasil kualifikasi Red Bull dibatalkan otoritas F1 gara-gara sayap mobil mereka melanggar aturan. (Foto: Reuters/Hamid I Mohammed)
A A A

ABU DHABI - Red Bull mendapat teguran keras jelang GP terakhir Formula One (F1) musim ini di Abu Dhabi. Gara-gara sayap mobilnya tidak sesuai aturan, otoritas F1 mengambil tindakan tegas dengan membatalkan hasil kualifikasi yang diikuti Red Bull, Sabtu (22/11/2014) lalu.

Pelanggaran yang dilakukan Red Bull ditemukan oleh pengawas teknis balapan, Jo Bauer. Saat Bauer memeriksa jet darat Red Bull, ditemukan pelanggaran berupa sayap depan mobil yang memiliki kelenturan tidak sesuai dengan ketentuan aerodinamis yang sudah dibuat oleh otoritas F1.

"Saat memeriksa sayap depan mobil nomor 01 (milik Vettel) dan nomor 03 (Ricciardo), saya menemukan bahwa desain flaps di sayap depan memiliki kelenturan yang tida sesuai standar," jelas Bauer seperti mengutip dari Crash, Minggu (23/11/2014).

Bauer lalu melaporkan hasil temuannya kepada otoritas F1. "Menurut pendapat saya, desain flaps sayap depan mereka (Red Bull) tidak sesuai dengan artikel 3.15 tentang Peraturan dan Panduan Teknis Formula One," imbuhnya.

Setelah menerima laporan dari Bauer, Stewards F1 lalu berbicara kepada tim Red Bull bahwa mereka melanggar aturan di artikel 3.15 yang isinya mengenai pengaruh aerodinamika di desain atau struktur mobil.

Karena pelanggaran itu, dua pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel yang sebelumnya akan start dari posisi lima dan enam harus rela memulai balapan dari posisi terbelakang, Minggu (23/11/2014) malam WIB.

Sedangkan pembalap Toro Rosso, Daniil Kyvat akan naik dan memulai start dari posisi lima, sebelumnya ia di posisi tujuh. Dan Jenson Button, pembalap McLaren, yang awalnya start dari posisi delapan naik ke posisi enam. Begitupula semua pembalap di belakang Button akan memulai start di dua posisi lebih depan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(FAP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini