Share

Hamilton Juara Dunia F1 2014, Rosberg Meringis

Reza Jailani, Jurnalis · Minggu 23 November 2014 21:58 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 23 37 1069654 hamilton-juara-dunia-f1-2014-rosberg-meringis-hz4VP0GA3C.jpg Hamilton Juara Dunia F1 2014, Rosberg Meringis (Foto: Reuters)
A A A
ABU DHABI – Lewis Hamilton mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia Formula One (F1) 2014 usai keluar sebagai pemenang di seri pamungkas Grand Prix (GP) Abu Dhabi. Tambahan 50 poin membuat dirinya kini mengoleksi 384 poin secara keseluruhan.
 

Sempat diyakini akan menghadirkan kesulitan untuk Hamilton, nyatanya Nico Rosberg malah bernasib sial setelah mobilnya mengalami masalah pada engine power dan membuat posisinya terus kedodoran. Bahkan kali ini driver Williams, Felipe Massa yang coba mencuri podium teratas Hamilton, walau pada akhirnya gagal.

Jalannya balapan

Hamilton melakukan start bagus dan langsung memimpin 1,2 detik dari Rosberg di akhir lap pertama. Disusul oleh Felipe Massa, Jenson Button, dan Kimi Raikkonen di posisi lima besar. Fernando Alonso melakukan manuver di lap kelima untuk menyalip rekan setimnya, Raikkonen. Namun, ia memutuskan masuk pit di akhir lap untuk mengganti ban, kini dirinya menggunakan soft tyres.

Pada lap sembilan, Hamilton diminta untuk masuk pit, diikuti oleh Rosberg pada lap 11. Hamilton masih menjadi yang terdepan dari Rosberg, diikuti oleh Massa, Nico Hulkenberg, Daniel Ricciardo di posisi lima besar. Setelahnya Rosberg diminta menjaga ketahanan ban untuk dapat mengambil keuntungan dari Hamilton di beberapa lap berikutnya.

Memasuki lap 20, jagoan Red Bull musim ini, Ricciardo sudah berada di tempat keempat. Ia berhasil merangsek setelah Hulkenberg memutuskan masuk pit dan mendapat arahan dari paddock tim untuk tetap melaju mengingat Valtteri Bottas terus menekannya.

Mobil Rosberg dilaporkan mengalami masalah pada engine power. Mengetahui hal itu, Massa langsung tancap gas dan mengakuisisi posisi kedua dari pembalap asal Jerman itu. Begitu juga dengan Hamilton, entah apa yang terjadi ia memperlambat laju mobil di beberapa lap sehingga Massa dengan mudah mendekatinya dan kini hanya berjarak 9 detik.

Sudah 30 lap berjalan dan Hamilton masih memimpin diikuti oleh Massa, Roberg, Bottas, dan Sergio Perez di lima besar. Massa berada di tempat terdepan setelah Hamilton memutuskan masuk pit untuk mengganti komposisi ban. Kini massa memimpin 15,1 detik dari Hamilton di peringkat kedua.

Rosberg semakin kedodoran di sisa lap. Hal tersebut terlihat di akhir lap 41, di mana posisinya melorot ke urutan delapan. Semakin jauh harapannya merebut gelar juara dunia dari Hamilton di seri akhir ini. Jika keadaan berlanjut maka Hamilton hanya butuh finis di depan Rosberg untuk memastikan gelar juara dunia tahun ini.

Massa coba mengganti ban dan kini menggunakan supersoft. Hamilton terlihat masih berhasrat mengakhiri lomba dengan podium teratas, ia berhasil merebut tempat terdepan dan memimpin 5 detik dari Massa di lap 50. Sementara Rosberg? Dari semakin kerepotan dan kini berada di urutan sembilan.

Melalui radio tim, Hamilton diberitahu bahwa posisinya kini sudah aman untuk mengikat gelar juara tahun ini dan dipastikan menjadi akhir musim yang tak menyenangkan bagi Rosberg. Bahkan driver berjuluk The Boss itu meng-overlap Rosberg sebelum mengakhiri balapan dengan kemenangan dan tambahan 50 poin.

Dengan demikian, Hamilton resmi menjadi penguasa F1 tahun ini dengan kemenangan mutlak atas rekan satu tim sekaligus rivalnya, Nico Rosberg yang mengalami nasib buruk di atas sirkuit Yas Marina, Dubai. Ini adalah gelar juara kedua Hamilton di ajang F1 setelah 2008. Congratulations The Boss!

Hasil lengkap F1 Grand Prix Abu Dhabi 2014, sumber Crash, Minggu (23/11/2014):

1. Lewis Hamilton Inggris Mercedes-Mercedes 55 laps 1 jam 39menit 02.619 detik
2. Felipe Massa Brasil Williams-Mercedes +00m 02.5d
3. Valtteri Bottas Finlandia Williams-Mercedes +00m 28.8d
4. Daniel Ricciardo Australia Red Bull-Renault +00m 37.1d
5. Jenson Button Inggris McLaren-Mercedes +01m 00.1d
6. Nico Hulkenberg Jerman Force India-Mercedes +01m 01.9d
7. Sergio Perez Meksiko Force India-Mercedes +01m 09.8d
8. Sebastian Vettel Jerman Red Bull-Renault +01m 10.7d
9. Fernando Alonso Spanyol Ferrari-Ferrari +01m 24.4d
10. Kimi Raikkonen Finlandia Ferrari-Ferrari +01m 26.4d

11. Kevin Magnussen Denmark McLaren-Mercedes +01m 28.9d
12. Jean-Eric Vergne Prancis Toro Rosso-Renault +01m 30.4d
13. Romain Grosjean Prancis Lotus-Renault +1 lap
14. Nico Rosberg Jerman Mercedes-Mercedes +1 lap
15. Esteban Gutierrez Meksiko Sauber-Ferrari +1 lap
16. Adrian Sutil Jerman Sauber-Ferrari +1 lap
17. Will Stevens InggrisCaterham-Renault +2 laps

Rtd Kamui Kobayashi Jepang Caterham-Renault 43 laps completed
Rtd Pastor Maldonado Venezuela Lotus-Renault 27 laps completed
Rtd Daniil Kvyat Russia Toro Rosso-Renault 15 laps completed  

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini