Share

Tretes Night Run Tantang Adrenalin Pelari

Arie Yoenianto, Jurnalis · Selasa 25 November 2014 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 25 43 1070628 tretes-night-run-tantang-adrenalin-pelari-jYsAf8rbJU.jpg Tretes Night Run Tantang Adrenalin Pelari (Ilustrasi Okezone)
A A A

PASURUAN – Ajang adu nyali bagi pelari kembali digelar di Kabupaten Pasuruan. Setelah sukses menggelar even Bromo Marathon, kini even Tretes Night Run (TNR) 10K siap menantang para pelari dan pencinta adventure (petualangan).

Seperti Bromo Marathon yang digelar di sekitar lereng pegunungan Bromo, TNR 10K juga digelar di kawasan lereng pegunungan Arjuno-Welirang. TNR 10K ini merupakan perpaduan olahraga dan wisata malam hari di kawasan wisata pegunungan Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Ketua Panitia, Lukas Cahyabuana, mengungkapkan, TNR 10K akan mengajak para pelari berlomba sekaligus berpetualang di kawasan wisata Tretes yang telah kesohor di negeri ini. Menurutnya, TNR 10K ini berbeda dengan even pada umumnya. Selain digelar pada malam hari, para pelari akan melintasi trek pegunungan yang naik turun dengan ketinggian sekitar 725 mdpl.

"TNR 10K akan menyuguhkan even olahraga yang unik dan berbeda dengan maraton pada umumnya. TNR ini merupakan even kelima di Indonesia yang diselenggarakan malam hari. Tetapi satu-satunya yang digelar malam hari dengan rute trek di pegunungan," kata Lukas Cahyabuana.

Menurut Lukas yang juga Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Pasuruan, TNR 10K ini akan dibagi dalam dua kategori pelajar dan umum dengan target 2.000 peserta. Hingga saat ini, sejumlah pelari dari berbagai kota di tanah air telah menyatakan kesediaannya untuk berpartisipasi.

"Sejumlah pelari dari berbagai klub di Indonesia sudah menyatakan ikut bergabung. Bahkan ada juga pelari dari luar negeri, yakni Brunei Darussalam juga akan turut serta. Mereka mengetahui informasi tersebut dari media sosial dan website TNR 10K," tandas Lukas.

Karena berada di kawasan wisata, kejuaraan ini akan sedikit mengganggu aktivitas masyarakat yang ingin berlibur di Tretes pada saat pelaksanaan. Karenanya, ia menghimbau agar wisatawan yang akan berkunjung ke Tretes, bisa menyesuaikan diri.

"Arus lalu lintas menuju Tretes akan ditutup pada saat pelaksanaan TNR 10K dari simpang tiga Prigen. Jalur akan dibuka kembali setelah TNR 10K selesai. Kami minta masyarakat pengguna jalan bisa menyesuaikan diri," kata Lukas.

Selain melibatkan masyarakat di tiga desa yang dilalui, TNR 10K ini juga mendapat dukungan dari kalangan perhotelan. Melalui Perhimpuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) akan memberikan diskon 25 persen khusus bagi peserta yang akan bermalam di hotel di kawasan Prigen.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fir)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini