Share

Masalah Kelistrikan Bikin Uji Coba McLaren-Honda Batal

Firdaus Kresna Putra, Jurnalis · Rabu 26 November 2014 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 26 37 1071052 masalah-kelistrikan-bikin-uji-coba-mclaren-honda-batal-tpwog0IHOT.jpg Uji coba McLaren-Honda batal. (Foto: Hamad I Mohammed/Reuters)
A A A

ABU DHABI – Tim McLaren-Honda Formula One (F1) terpaksa harus menunda debut uji coba pramusim 2015 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Selasa (25/11/2014) kemarin. Dikabarkan, mobil MP4-29H/1X1 memiliki masalah pada sistem elektronik.

Pada pengujian hari pertama seharusnya menjadi hari yang hebat buat McLaren-Honda. Banyak pihak menanti munculnya mobil yang digadang-gadang bakal menyaingi Mercedes musim depan.

Tapi yang terjadi justru sebaliknya. MP4-29H/1X1 hanya mampu berputar tiga lap tanpa mampu mencatat waktu terbaik. Di sesi pertama, pagi, mobil tersebut tidak muncul sama sekali lantaran mengalami masalah kelistrikan. Bahkan di sesi sore masalah itu tak kunjung terselesaikan. Masalahnya masih soal kelistrikan.

Tak lama setelah itu mobil MP4-29 malah menjadi sumber munculnya bendera merah. Mobil baru tersebut rusak dan mogok di tengah trek. Padahal waktu uji coba masih tersisa dua jam lagi.

Tapi di menit-menit terakhir, mobil bercorak hitam-abu-abu tersebut kembali mengaspal. Tapi apa daya, kru harus mendorongnya lagi ke pit. Total hanya tiga lap yang dilalui. Itupun tidak penuh dan karenanya tidak ada catatan waktu yang dihitung.

Kondisi tersebut memang berbeda dengan harapan Bos McLaren Eric Boullier jelang uji coba kemarin. "Menjalankan mobil terbaru Formula 1 sangat rumit. Dan tes minggu ini adalah tentang bagaimana departemen di Sakura, Milton Keynes dan Woking bekerjasama dengan operasional di sirkuit,” kata Boullier seperti dilansir Motorsport, Rabu (26/11/2014).

“Tes ini merupakan kesempatan bagi kita untuk membangun kekuatan operasional, untuk mendapatkan McLaren dan Honda di bawah satu atap. Kami mengalami sejumlah masalah, termasuk kelistrikan pagi ini, tapi kinerja mesin sudah cukup memuaskan. Kami akan memiliki pekan untuk kerja keras, tapi Anda boleh yakin kami mampu menghadapi tugas-tugas ini," jelasnya.

Di hari pertama uji coba itu menjadi milik Valtteri Bottas, Williams Mercedes. Pembalap Finlandia menjadi yang tercepat baik di sesi pagi maupun sore. Catatan waktunya satu menit 43,396 detik tak mampu dikalahkan pembalap lain.

Rekan senegaranya, Kimi Raikkonen dari tim Scuderia Ferrari finis kedua dengan selisih tak sampai setengah detik. Teman satu timnya, yang baru hengkang dari Red Bull-Renault Sebastian Vettel hanya menyaksikan momen tersebut dari garasi setelah sesi perkenalan dengan awak Ferrari. Apalagi tim lamanya tak memberi lampu hijau untuk melakukan uji coba, karena kontraknya baru selesai 25 November kemarin.

Tercepat ketiga adalah Nico Rosberg, Mercedes. Uji coba kemarin hanya berselang dua hari setelah akhir buruk musim 2014 dialaminya di Yas Marina. Mobilnya rusak di tengah balapan dan hanya finis tanpa poin di urutan 14, Rosberg kehilangan peluangnya berebut juara dunia 2014 dengan rekan setimnya Lewis Hamilton.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini