Share

Peraih Medali Emas Olimpiade Dihukum Setahun

Pidekso Gentur Satriaji, Jurnalis · Jum'at 19 Desember 2014 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 19 43 1081603 peraih-medali-emas-olimpiade-dihukum-setahun-gDcq6gkMLW.jpg Guenot dihukum setahun (Foto: REUTERS)
A A A

PARIS – Gara-gara tidak menghadiri tes doping, pegulat yang pernah menjadi juara di Olimpiade 2008, Steeve Guenot, terkena sanksi selama satu tahun oleh badan anti doping Prancis. Ia pun dipastikan akan absen dalam beberapa kompetisi penting.

FFL (Federasi Gulat Prancis) menyatakan bahwa Guenot tidak memberi tahu secara persis keberadaannya, dan absen dua kali saat tes antara bulan Februari hingga Juli tahun ini. Sanksi tersebut sangat disayangkan mengingat pegulat berusia 29 tahun itu adalah atlet yang cukup berprestasi.

Ya, Guenot adalah peraih medali emas di kategori 66 kilogram dalam Olimpiade 2008 di Beijing, dan medali perunggu empat tahun kemudian di London. FFL tidak pernah mengatakan dia positif doping, tapi memang sudah menjadi incaran sejak meraih medali emas enam tahun lalu.

“Dia (Guenot) membayar mahal dari kesalahan yang dibuatnya, saat memberikan detail akan keberadaannya di papan informasi. Serta absen saat tes jelang kompetisi yang sudah dijadwalkan antara pukul enam dan tujuh pagi,” ucap pernyataan FFL, seperti dilansir Eurosport, Jumat (19/12/2014).

Hukuman Guenot akan berakhir pada 30 Juli 2015. Jika tidak melakukan banding, ia dipastikan absen dalam kejuaraan Eropa di Baku, Azerbaijan, Juni 2015 mendatang.

Guenot kini tengah menepi usai operasi di pinggul kanannya. Jika sanksi sudah berakhir, ia berharap bisa turun dalam kejuaraan dunia di Las Vegas, Amerika Serikat, pada September, kemudian lolos ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini