Share

Sports Center Tertinggi Pertama di Indonesia

Fajar Anugrah, Jurnalis · Minggu 21 Desember 2014 00:39 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 20 43 1081965 sports-center-tertinggi-pertama-di-indonesia-xwBokzWvYn.jpg Indonesia akan memiliki sports center tertinggi untuk pertama kalinya. (Foto ilustrasi: Manajer Manchester City mengawasi pemainnya berlatih di City Training Ground - Reuters/Phil Noble)
A A A

CIANJUR - Indonesia akan memiliki pusat pelatihan olahraga tercanggih dan tertinggi untuk pertama kalinya. Pusat pelatihan olahraga yang diberi nama Maleber Olympic Center itu terletak di Kampung Maleber, Ciherang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pada tahap pertama, telah dibangun lapangan latihan sepakbola yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (DPL). Lapangan yang diharapan bisa menjadi lokasi latihan timnas itu menggunakan jenis rumput sama dengan lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno, jakarta.

"Total areal di sini (luasnya) 20 hektar. Saat ini baru satu lapangan yang sudah siap. Selanjutkan akan dibangun tiga lapangan lagi serta termasuk lokasi latihan cabang olahraga lain," kata Direktur Maleber Olympic, Hadi Basalamah usai peresmian arena olahraga itu, Sabtu (20/12/2014), seperti yang dimuat di Antara.

Setelah lapangan, selanjutnya akan dibangun asrama pemain, kolam renang, lintasan atletik, lapangan tenis dan bulutangkis. Semua berada dalam satu kompleks yang berada di areal perkebunan teh itu.

"Kami ingin semuanya jadi satu sehingga akan memudahkan untuk pembinaan. Yang jelas, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun mencapai Rp100 miliar," imbuhnya.

Mantan CEO Persija IPL itu menjelaskan, jika semua fasilitas telah selesai dibangun maka akan dibuka untuk umum termasuk digunakan oleh tim-tim asal luar negeri. Bahkan saat ini tim asal Singapura dan Malaysia juga berminat menggunakannya.

Terkait dengan lokasi lapangan yang berada di ketinggian, Pembina Maleber Olympic Center, Arifin Panigoro mengatakan bahwa lokasi tersebut sangat baik bagi atlet terutama untuk meningkatkan VO2 Max. VO2 Max ialah kapasitas paru-paru dalam menyimpan dan mengolah oksigen saat berolahraga yang hasilnya antara lain berupa stamina bagus serta konsentrasi tinggi saat bertanding.

"Tempat ini bagus untuk latihan karena posisinya tinggi sehingga bisa meningkatkan V02Max," jelasnya.

Pernyataan Panigoro dipertegas oleh mantan fisioterapis Timnas Senior, Matias Ibo. Menurut dia, berlatih di ketinggian yang kadar oksigennya lebih tipis memang akan membuat cepat lelah. Namun, jika dilakukan secara rutin dengan program yang jelas maka hasilnya akan bagus.

"Stamina akan jauh lebih kuat. Apalagi jika didukung dengan sistem latihan yang terukur. Hasilnya akan jauh lebih baik," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(FAP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini