Share

Lima Atlet Pemuja Ritual Aneh

Reza Jailani, Jurnalis · Senin 26 Januari 2015 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 26 43 1097377 lima-atlet-pemuja-ritual-aneh-4SQRAnSwkK.jpg Ritual mencium kepala Fabian Barthez dilakukan oleh Laurent Blanc (Foto: Reuters)
A A A

PERCAYA atau tidak, dunia mistik sulit dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi Indonesia dengan segudang mitosnya. Namun nyatanya hal tersebut juga mempengaruhi kehidupan para atlet dunia.

Berikut lima atlet dari berbagai cabang olahraga dunia yang percaya atau kerap melakukan ritual aneh, mengutip dari Telegraph, Senin (26/1/2015):

1. Mo Farah

Mohamed Farah atau yang populer dikenal dengan Mo Farah merupakan pelari maraton asal Inggris. Pada Olimpiade 2012, ia meraih dua medali emas di nomor 5.000 meter dan 10.000 meter. Pria kelahiran Somalia 1983 itu memiliki dua kebiasaan sebelum berlaga.

Pertama, ia selalu menggunduli kepalanya sebelum pertandingan dan menyukai saat membasuh kepala dengan air. Hal tersebut membuatnya merasa segar. Kedua, sekitar 20 menit sebelum pertandingan dimulai, pria yang kini berusia 31 tahun itu selalu minum satu hingga dua gelas kopi berjenis espresso.

2. David Beckham

Siapa yang tidak mengenal David Beckham? Namun tidak banyak yang tahu bahwa mantan kapten Timnas Inggris itu mengidap gangguan obsesif kompulsif atau biasa disebut Obsessive Compulsive Disorder (OCD). OCD merupakan sebuah kondisi saat individu yang bersangkutan tidak dapat mengontrol pikirannya.

Dalam pengakuannya, Becks berujar dirinya ingin segalanya terlihat rapih dan sempurna, atau benda-benda berjejer berpasangan. Selain itu, ia sering menata ulang ruang hotel yang sedang ditempatinya. Bahkan sang istri, Victoria, menyebutnya sebagai orang aneh.

3. Laurent Blanc

Prestasi Timnas Prancis pada Piala Dunia 1998 tak bisa terpisahkan dari sosok Laurent Blanc. Pria yang kini menjadi pelatih Paris Saint Germain itu memiliki kebiasaan unik sebelum memulai pertandingan.

Mantan pemain Napoli, Barcelona, dan Manchester United itu punya ritual khusus dengan penjaga gawang Fabien Barthez. Blanc selalu menghampiri Barthez dan mencium kepala botaknya sebelum bertanding. Ritual yang ia percayai itu berjalan sukses dengan membawa Tim Ayam Jantan menjuarai turnamen dengan mengalahkan Brasil di final.

4. Moises Alou

Moises Alou adalah atlet baseball yang bermain selama 17 musim sepanjang kariernya untuk berbagai tim di kompetisi Major League Baseball (MLB), Amerika Serikat. Moises memiliki kebiasaan sebelum bertanding yang aneh.

Dia selalu membalurkan urine ke seluruh telapak tangan sebelum bertanding. Menurutnya, hal tersebut dapat membantunya untuk memukul bola dengan amat baik tanpa menggunakan sarung tangan yang biasa dikenakan pebaseball. Bahkan dirinya sempat berujar “Anda tidak akan mau berjabat tangan dengan saya selama pertandingan.”

5. Bjorn Borg

Bjorn Borg adalah salah satu tokoh yang dikenang sepanjang sejarah tenis dunia. Memenangi 11 Grand Slam, lima di antara direbut secara berturut-turut pada Wimbledon 1976 hingga 1980. Pria yang terkenal dengan janggut panjangnya itu memiliki kebiasaan unik.

Janggut bukan sembarang janggut. Tidak hanya sekedar gaya-gayaan, tapi juga sebagai jimat sebelum ia berlaga di Wimbledon. Dua minggu sebelum turnamen dimulai, ia akan membiarkan janggutnya tumbuh lebat, orang-orang menyebutnya “jenggot keberuntungan”. Tidak sampai di situ, dia selalu mengenakan baju yang sama pada setiap pertandingan sepanjang kompetisi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini