Share

Alasan Kecelakaan Para Pembalap MotoGP

Putri Utami, Jurnalis · Jum'at 27 Februari 2015 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 27 38 1111541 alasan-kecelakaan-para-pembalap-motogp-MyFUMKo3X1.jpg Kecelakaan Michelin (Foto: Crash.net)
A A A

SEPANG - Direktur Teknikal Michelin, Nicolas Goubert menjelaskan jika kecelakaan yang terjadi pada uji coba ban Kamis 27 Februari, disebabkan oleh keseimbangan grip, antara depan dan belakang. Uji coba ban ini untuk digunakan pada musim 2016 usai perusahaan asal Prancis itu mengungguli sponsor ban sebelumnya Bridgstone.

Dalam uji coba ini beberapa pembalap seperti Aleix Espargaro (Suzuki), Jack Miller (Honda), Jorge Lorenzo (Yamaha), dan Andrea Dovizioso (Ducati), terjatuh di Turn 3 (belokan ke kanan) ataupun Turn 5 (belokan ke kiri).

Di antara semua motor yang terlibat insiden, motor YZR-M1 Lorenzo mengalami kerusakan yang cukup parah. Bagian tempat duduk dan belakang motor terlepas, hingga bagian kerangka motor terlihat. Selain faktor keseimbangan grip, faktor dari pembalap juga menjadi penyebab kecelakaan ini.

"Apa yang menghambat kami saat ini adalah keseimbangan di depan dan belakang. Bagaimana agar ban bekerja bersamaan. Keseimbangan ban depan dan belakang adalah yang paling sering Anda dengar dalam balapan mobil, tapi hal ini juga ada di motor,"kata Goubert seperti dilansir Crash, Jumat (27/2/2015).

"Dasarnya, dua kecelakaan di Turn 3 karena pembalap membuka throotle terlalu cepat. Mungkin mereka ingin memaksimalkan pegangan belakang karena pegangan depan tidak bekerja maksimal. Beberapa rider yang tidak kecelakaan mengatakan jika mereka tidak bisa menggunakan ban belakang secara maksimal karena ban depan tidak dalam performa tertinggi," terangnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini