Share

Alonso Buka-bukaan soal Kecelakaannya

A. Firdaus, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2015 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 27 37 1125002 alonso-buka-bukaan-soal-kecelakaannya-lRAIcO3oEZ.jpg Fernando Alonso (foto: Reuters)
A A A

SEPANG – Fernando Alonso coba menjelaskan secara detail mengenai kecelakaan yang menimpanya pada uji coba di Barcelona, Minggu 22 Februari 2015. Beberapa asumsi dibantahnya, termasuk dari timnya sendiri, McLaren.

Pembalap asal Spanyol itu justru mengatakan masalah teknis di mobil menjadi pendukung kecelakaan yang menimpanya. Atas insiden itu, Alonso sempat dirawat selama tiga malam di rumah sakit, dan absen di Grand Prix (GP) Australia.

Ini jelas berbeda dengan pernyataan pertama McLaren pasca-kecelakaan, dengan mengatakan bahwa angin yang kencang membuat dirinya menabrak dinding pembatas.

"Dalam data tidak ada yang bisa kami lihat dengan jelas apa alasannya, tapi kami punya masalah kemudi pada tikungan ketiga. Terkunci ke kanan dan saya mendekati dinding, saya menginjak rem pada saat terakhir, saya menurunkan gigi dari gigi lima ke tiga. Tapi sayangnya data yang kami punya masih ada yang kurang,” ucap Alonso seperti dilansir Crash, Jumat (27/3/2015).

McLaren tetap beralibi kalau masalah teknis tidak menyebabkan kecelakaan, dan mengkambing-hitamkan cuaca terhadap kecelakaan Alonso. Namun mantan pembalap Ferrari itu membantahnya, bahwa “Cuaca takkan bisa memindahkan mobil pada kecepatan tinggi’.

“Saya tidak tahu apakah Anda telah melihat video tetapi cuaca tidak akan menggeser mobil dengan kecepatan itu. Jika Anda memiliki masalah atau masalah medis, biasanya Anda akan menggunakan kekuatan dan langsung pergi ke sisi lain. Dalam sebuah mobil F1, Anda masih perlu untuk menerapkan beberapa upaya untuk mengemudikannya,” lanjut Alonso.

"Dengan kecelakaan di Spanyol, banyak perhatian pada hari itu, sehingga konferensi pers pertama tim harus itu memberikan beberapa tebakan, sehingga menciptakan sedikit kebingungan. Anda tidak bisa mengatakan apa-apa selama tiga atau empat hari sebelum saya ingat segalanya, tetapi teori angin, bukan itu,” terangnya.

Selain itu, Alonso juga mengatakan ia dengan cepat mengingat insiden kecelakaan dan tetap sadar selama ia masih berada di mobil. Bertentangan dengan klaim awal McLaren.

"Saya bisa mengingat semuanya. Semua perubahan set-up, semua waktu putaran, Vettel berada di depan saya sebelum mengubah tiga tapi ia membiarkan saya pergi, setelah itu saya mematikan radio pertama dan kemudian saya mematikan saklar utama hanya karena marsekal datang. Saya benar-benar sadar pada saat itu,” tegasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini