Share

Oranye-Merah yang Mendominasi MotoGP

Daniel Setiawan, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2015 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 27 38 1125466 oranye-merah-yang-mendominasi-motogp-GJlhRhL4eQ.jpg Tim yang didominasi oleh warna oranye merah itu mendominasi MotoGP sejak musim debutnya, 20 tahun lalu (Foto: MotoGP)
A A A

JIKA membicarakan dominasi di MotoGP, Tim Repsol Honda adalah tim yang memiliki segudang cerita dan sejarah. Sulit rasanya untuk menyebutkan satu musim terburuk dari tim yang digawangi duet Marc Marquez dan Dani Pedrosa tersebut. Seri pertama di akhir pekan nanti bisa jadi awal dari satu musim yang penuh dominasi dari tim yang khas dengan warna oranye-merah itu.

Profil Singkat

Honda merupakan tim dari pabrikan asal Jepang yang berlaga di MotoGP. memulai kiprahnya di pada 1995. Pabrikan yang bermarkas di Aalst, Belgia tersebut membukanya dengan gelar juara bersama pembalap asal Amerika Serikat, Mick Doohan. Beberapa nama tenar pernah membela bendera tim yang terkenal dengan warna oranye-merahnya. Hingga sekarang, Honda terkenal memiliki tradisi pembalap yang mampu mendominasi kejuaraan.

HONDA RC213V

Penamaan motor RC213V sejatinya memiliki arti. RC merupakan awalan untuk motor balap Honda 4-tak, angka 213 menunjukan kendaraan tersebut merupakan motor Honda model ketiga untuk abad ke-21, sementara V untuk mesin yang digunakan.

Honda merupakan pabrikan yang konsisten dalam pengembangan mesin. Tercatat sejak debutnya di MotoGP, sudah tiga jenis mesin digunakan. Pertama adalah NS500 yang aktif sejak 1984 dan dipensiunkan pada 2002. Lalu ada RC211V yang digunakan di era Valentino Rossi ketika masih membalap untuk mereka.

Mesin tersebut digunakan pada periode 2002-2006. Selanjutnya ada RC212V (2006-2011), hingga mesin RC213V yang digunakan sejak 2011 hingga sekarang. Kekuatan utama motor RC213V meneruskan kekuatan tradisional para pendahulunya, yaitu kecepatan dan kestabilan motor yang luar biasa. Sejauh ini, hanya Ducati pada era Casey Stoner yang mampu memenangkan duel di trek lurus dengan Honda.

Perjalanan Penuh Gelar

Sempat ada lelucon seperti dini di MotoGP. Ada tiga hal yang pasti di dunia ini: kehidupan, kematian, dan Honda jadi juara dunia MotoGP. Gelar juara memang melekat erat dengan mereka sejak memulai debutnya pada 1995. Pembalap legendaris MotoGP, Mick Doohan mempersembahkan empat gelar juara dunia secara berturut-turut mulai dari 1995 hingga 1998. Setahun setelahnya, giliran Alex Criville yang melanjutkan hegemoni tersebut.

Tradisi juara berlanjut ke pembalap-pembalap setelahnya, Valentino Rossi menjadi juara dunia bersama mereka 2002 dan 2003, Nicky Hayden pada 2006, Casey Stoner di 2011, dan terakhir Marc Marquez yang menjadi juara pada 2013 dan 2014. Selama 20 musim perjalanan, mereka telah mengumpulkan 10 gelar juara dunia dari enam pembalap berbeda.

Kiprah Musim Lalu

Sepanjang musim lalu The Baby Alien –julukan Marquez, mendominasi jalannya musim balapan. Bahkan, pembalap asal Spanyol tersebut membukukan sepuluh kemenangan beruntun. Total pada musim lalu Marquez mengamankan posisi puncak sebanyak 13 kali, posisi kedua satu kali, dan finis diluar tiga besar sebanyak empat kali.

Hal berbanding terbalik terjadi kepada rekan setimnya, Dani Pedrosa yang secara mengejutkan gagal menjawab ekpektasi. The Little Spaniard hanya mampu finis di posisi empat klasemen akhir di bawah duo Yamaha.

Peluang Musim Ini

Peluang Marc Marquez untuk mempertahankan gelar juara dunia untuk ketiga kalinya terbuka lebar musim ini. Pada saat pramusim, Marquez sukses menempel duet Ducati di jajaran tiga besar. Bahkan di sesi latihan bebas pertama yang diselenggarakan hari Kamis 26 Maret 2015, Marquez sukses menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 55,281 detik. Sementara Dani Pedrosa menguntit dibelakangnya dengan perbedaan hanya 0.076 detik.

Jika para kompetitor tidak mampu memberikan perlawanan berarti, bukan tidak mungkin Honda akan sukses mengamankan lagi gelar juara dunia pembalap dan konstruktor seperti yang mereka lakukan di dua musim belakangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini