Share

Kemenangan Ferrari Berkah untuk F1

Rully Pane, Jurnalis · Senin 30 Maret 2015 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 30 37 1126372 kemenangan-ferrari-berkah-untuk-f1-KzpGV2n6eg.jpg Pembalap Ferrari Sebastian Vettel (tengah) merayakan kemenangan/Foto: Reuters
A A A

SEPANG – Mercedes berbesar hati menerima kemenangan Ferrari pada GP Malaysia karena menjadi berkah bagi Formula One (F1). Pilar Ferrari, Sebastian Vettel menjegal dominasi Lewis Hamilton dan Nico Rosberg di Negeri Jiran.

Kemenangan Ferrari dan Vettel mematahkan prediksi banyak pengamat. Awalnya, duo pembalap Mercedes akan melanjutkan superiornya seperti musim lalu.

Bagaiamana tidak, pada race pembuka F1 musim 2015 di Australia, Hamilton dan Rosberg meraih podium dua teratas. Keduanya meninggalkan Vettel di posisi ketiga dengan perbedaan waktu 30 detik.

Berbalik, Vettel yang duduk di kursi kemudi Ferrari tampil menggila dan relatif menang mudah di Sepang. Strategi dua pit-stop pembalap 27 tahun itu terbukti ampuh. Juara dunia empat kali F1 itu akhirnya meraih podium tertinggi lagi setelah terakhir merasakannya pada seri penutup musim 2013 di Brasil.

Meski begitu, Mercedes melalui Direktur Eksekutif, Toto Wolff, tetap mencoba berlapang dada menerima kekalahan dari Ferrari. Wolff mengatakan kekalahan ini justru bagus untuk F1.

“Ferrari sangat positif dan pantas menang. Kami harus mengakui mereka melakukan pengembangan yang bagus musim dingin lalu. Untuk F1, saya kira ini positif,” ujar mantan bos tim Williams itu melansir planetF1, Senin (30/03/2015).

“Banyak yang bilang F1 membosankan setelah melihat dominasi kami di Australia, serta flashback musim lalu, di Bahrain dan banyak GP lainnya. Kemenangan Ferrari ini membuktikan kalau anggapan itu salah. F1 masih kompetitif,” imbuhnya.

Pria Austria berusia 43 tahun itu juga mengakui kalau Mercedes memang dikalahkan oleh mobil yang lebih cepat. Bahkan Mercedes tetap akan kalah walaupun memilih startegi berbeda.

“Kami cukup yakin dengan strategi tiga pit-stop, tapi kami memang kalah dalam trek panjang. Mereka cepat!,” tutup suami dari test driver Williams, Susie Wolff ini.

Mercedes kini masih memimpin klasemen konstruktor dengan perolehan 76 poin, diikuti Ferrari dengan 52 poin. Persaingan lebih seru justru ada di klasemen pembalap, dimana Vettel kini hanya terpaut tiga angka saja dari sang juara dunia, Lewis Hamilton.

Di posisi ketiga ada Rosberg, yang diikuti pembalap Ferrari lainnya, Kimi Raikkonen yang sukses finis keempat di Sepang. Pembalap Finlandia tersebut mulai merangsek ke posisi lima dengan 12 poin. Kimi sendiri gagal finis di race pembuka 2015 karena mengalami kerusakan mesin.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini