Share

Peluang Indonesia di Piala Sudirman

Rully Pane, Jurnalis · Rabu 01 April 2015 02:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 31 43 1127322 peluang-indonesia-di-piala-sudirman-BabSqUmUSM.jpg Peluang Indonesia di Piala Sudirman 2015 (Foto: Ilustrasi Shutterstock)
A A A

JAKARTA – Meski berat, peluang Indonesia untuk memenangi Piala Sudirman yang bakal digelar di Dongguan, China 10-17 Mei 2015 tetap terbuka. Pasalnya, tim Merah Putih tergabung di grup yang relatif mudah di babak penyisihan dan bakal diperkuat pemain-pemain muda yang lapar akan kesuksesan.

Indonesia boleh bernapas lega karena terhindar dari grup neraka. Tim Merah Putih hanya bertemu Denmark dan Inggris di penyisihan Grup C. Indonesia sebenarnya sudah cukup lama tidak memenangi turnamen ini. Tim Merah Putih tak pernah lagi berjaya di Piala Sudirman setelah terakhir kali memenanginya pada 1989.

Meski terhindar dari lawan-lawan berat di babak awal, peluang untuk menjadi juara memang cukup berat mengingat performa para pebulutangkis Indonesia tengah menurun. Tanpa gelar di All England lalu bisa jadi indikatornya.

Namun, legenda badminton Tanah Air, Taufik Hidayat, meminta Indonesia untuk tetap fight dan jangan gentar. Taufik berharap Indonesia tidak memiliki mental ‘kalah sebelum bertanding’. Juara enam kali Indonesian Open itu memberi contoh keberhasilan Jepang menjuarai Piala Thomas 2013.

"Tidak ada yang tidak mungkin, anything can happen. Kita lihat Thomas Cup, Jepang saja bisa juara," ujar Taufik dalam acara Sport Forum yang digelar di Gedung Aldevco, Jakarta Selatan, Selasa 31 Maret 2015.

Tak lupa, peraih medali emas tunggal putra Olimpiade 2004 ini juga memberikan semangat pada tim yang nantinya bakal diisi beberapa pemain muda. Menurut Taufik, mengandalkan pemain-pemain muda bukanlah hal buruk.

"Jangan meremehkan anak muda. Saya juga dulu mengawali karir saat berusia 17 tahun. Saya yakin, mereka bisa. Main nothing to lose saja. Menang atau kalah, ini akan jadi pengalaman berharga buat mereka. Anak-anak muda ini harus semangat! Mengapa yang lain bisa, kita nggak bisa?," ujar Taufik berapi-api.

Indonesia dipastikan menurunkan para pemain muda untuk mengisi slot tunggal putra. Tidak ada lagi nama Tommy Sugiarto ataupun Simon Santoso dalam daftar pemain. Sebagai penggantinya, ada nama-nama belia seperti Jonathan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, dan Firman Abdul Kholik dalam tim bayangan yang dikeluarkan PBSI.

Skuad bayangan Indonesia Piala Sudirman 2015

Tunggal putra: Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, Firman Abdul Kholik

Tunggal putri: Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty, Hanna Ramadini

Ganda putra: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Ganda putri: Greysia Polii dan Nitya Krishinda Maheswari, Della Destiara Haris dan Rosyita Eka Putri Sari.

Ganda campuran: Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, Riky Widianto dan Richi Puspita Dili Praveen Jordan dan Debby Susanto.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini