Share

Keseriusan Tim Manor di F1 Dipertanyakan

Rully Pane, Jurnalis · Kamis 02 April 2015 03:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 01 37 1127858 keseriusan-tim-manor-di-f1-dipertanyakan-IvoklZua9S.jpg Keseriusan tim Manor Marussia dipertanyakan. (Foto: Reuters)
A A A

SELANGOR – Keputusan tim Manor Marussia yang hanya menurunkan satu pembalap di GP Malaysia dipertanyakan banyak pihak. Setelah Bos Formula One (F1), Bernie Ecclestone buka suara, kini tim rival pun ikut-ikutan berkomentar.

Flashback ke dua minggu lalu, Marussia sebenarnya sudah terbang ke Australia. Namun, tim yang berbasis di Yorkshire, Inggris itu gagal ambil bagian dalam semua sesi di sirkuit Albert Park, baik latihan bebas, kualifikasi, sampai race. Bos F1, Bernie Ecclestone saat itu bahkan sempat menyindir kalau Marussia hanya ingin “jalan-jalan” ke Australia,bukan ingin balapan.

Tim yang menggunakan mesin Ferrari untuk musim ini tersebut juga terbang ke Kuala Lumpur akhir pekan kemarin, namun akhirnya hanya diwakili satu pembalap di race, Roberto Merhi. Sementara itu, Will Stevens gagal berpartisipasi di balapan yang dihelat di sirkuit Sepang tersebut.

Walaupun telah mengikuti ketiga sesi latihan bebas, Stevens ternyata absen di kualifikasi dan race. Pembalap 23 tahun asal Inggris itu mengalami masalah fuel system pada mobilnya. Penanganan masalah fuel system yang cenderung lambat ini juga sempat dikritik banyak pihak. Pasalnya, masalah ini memang muncul beberapa saat sebelum babak kualifikasi, sehari sebelum race digelar.

Sementara itu, Merhi memang sanggup finis di Sepang, tapi raihan posisi juru kunci dengan perbedaan tiga lap dengan sang pemenang, Sebastian Vettel jelas bukanlah hal yang membanggakan. Performa buruk Marussia ini pun memancing tim lawan untuk berkomentar.

Deputi tim Force India, Rob Fernley, mengungkap opinininya tentang tim yang untuk musim ini mengandalkan mobil MR03 tersebut.

“Saya pikir apa yang terjadi di Australia memang masih jadi misteri, di mana mereka sama sekali tidak berpartisipasi. Sementara di Malaysia, walau tidak ikut kualifikasi, Will sebenarnya tetap bisa ikut race karena telah menyelasaikan Free Practice. Nyatanya, dia malah absen,” ungkap Fernley seperti dilansir planetF1, Kamis (2/4/2015).

"Keseriusan dan profesionalitas mereka patut dipertanyakan. Tapi, ini sebenarnya bukan urusan kami, ini urusan Marussia dengan FIA dan sponsor mereka. Tapi harusnya mereka bisa turun dengan dua mobil, karena Roberto (Merhi) faktanya sukses finis,” imbuhnya lagi.

Marussia yang belum mengoleksi poin kini terbenam di dasar klasemen konstruktor. Sementara itu, performa Force India sendri juga sebenarnya tidak bisa dibilang baik karena baru mengantongi tujuh poin dari dua race musim ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini