Share

Masuk Podium, Kapasitas Bahan Bakar Ducati Dikurangi

Arief Hadi Purwono, Jurnalis · Rabu 01 April 2015 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 01 38 1127436 masuk-podium-kapasitas-bahan-bakar-ducati-dikurangi-SOFFh4yOfN.jpg Kapasitas bahan bakar Ducati harus dikurangi (Foto: Reuters)
A A A

DOHA – Bangkitnya Ducati guna menyaingi Yamaha dan Honda musim ini di MotoGP, memang menarik untuk disimak. Namun berdirinya Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone di peringkat dua-tiga di laga pembuka Qatar beberapa hari lalu, justru mengubah ukuran bahan bakar tim.

Direksi Perlombaan mengurangi bahan bakar Ducati sebanyak dua liter, karena Ducati telah berhasil mengirim dua perwakilannya di podium.

Hal ini mengartikan bahwa Ducati telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan, pasalnya pada tahun 2013. Bersama Suzuki dan Aprilia, Ducati diperbolehkan berlomba di bahan bakar, settingan ban dan mesin ukuran kelas terbuka karena jarang meraih kemenangan. Padahal sejatinya Ducati ada di kelas pabrikan.

Ducati juga telah melewati persyaratan untuk mengirim sejumlah tiga perwakilan untuk memijaki podium. Sebelumnya di tahun 2014, Dovizioso memasuki podium urutan ketiga saat berada di Austin, Texas.

Berikut pernyataan resmi yang dikeluarkan Direksi Perlombaan, diberitakan Crash (1/4/2015):

“Terkait hasil yang diraih Ducati di Qatar pekan lalu, di mana Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone berdiri di podium, maka bahan bakar yang diperbolehkan dikurangi dari 24 ke 22 liter,”

“Direksi Perlombaan MotoGP secara resmi memberitahu Ducati terkait regulasi yang mempengaruhi MotoGP kelas pabrikan, yang mana tertulis di artikel 2.4.4.5.5 dari FIM regulasi kejuaraan dunia. Yang berarti peraturan bahan bakar berkapasitas 24 liter akan dilepas sesegera mungkin,”

“Ini karena fakta bawah Ducati pabrikan saat ini telah mencapai tiga podium finis di kondisi kering sejak memulai di musim 2014: tempat ketiga Dovizioso di Austin 2014, tempat keduanya di Qatar 2015 dan rekannya tempat ketiga Iannone di seri yang sama. Terhitung sejak GP Amerika Serikat hingga akhir musim 2015, kapasitas bahan bakar semua kelas pabrikan Ducati maksimum hanya 22 liter,”

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini