Share

Kritik Pedas Sang Legenda untuk F1

Zanel Farha Wilda, Jurnalis · Kamis 02 April 2015 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 02 37 1128144 kritik-pedas-sang-legenda-untuk-f1-TByFbzYsw3.jpg Jerman tidak akan lagi menjadi salah satu tuan rumah balap F1. (Foto: AFP/Manan Vatsyayana)
A A A

LONDON - Buntut pencoretan GP Jerman dari kalender kompetisi Formula One (F1) musim 2015 memanjang ke mana-mana. Ketidakpastian tentang nasib kembalinya GP Jerman di musim depan, membuat pembalap legenda F1, Jackie Stewart, melontarkan komentar pedas pada otoritas ajang mobil balap bergengsi itu.

Bos F1, Bernie Ecclestone, baru-baru ini mengeluarkan pernyataan mengenai kemungkinan dicoretnya kembali GP Jerman untuk musim 2016. Mengetahui informasi tidak sedap ini, Stewart dengan keras mengkritik orang nomor satu di otoritas F1 itu.

"Mungkin ini membuat saya terdengar begitu tradisional, tapi menurut saya, Anda harus respek pada sejarah. Mereka (GP Jerman) seharusnya selalu ada dalam kalender kompetisi," keluh mantan pembalap dekade 60-an itu, seperti yang dilaporkan ESPN, Kamis (2/4/2015).

Stewart sangat mengecam tindakan otoritas F1 yang menurutnya sangat tidak menghormati tradisi. Pasalnya, otoritas F1 lebih memilih menggelar kompetisi di sejumlah negara Asia dan Timur Tengah yang berani membayar lebih mahal dibanding Jerman. Padahal menurut Stewart, tidak seharusnya Ecclestone mengorbankan tradisi yang selama ini ada, hanya demi uang.

"Sangat hebat memang karena kita punya GP Amerika Serikat, GP Brazil, Bahrain, dan bahkan kita akan pergi ke negara yang baru. Tapi Anda harus tetap menunjukkan rasa hormat pada tradisi Anda," cetus juara dunia tiga kali itu.

Seperti yang diketahui, GP Jerman 2015 sebelumnya direncanakan akan digelar di Sirkuit Nurburgring atau Sirkuit Hockenheim. Namun akibat permasalahan finansial dan tidak tercapainya kesepakatan antara pemiliki sirkuit dan otoritas F1, akhirnya GP Jerman musim ini batal terlaksana. Begitupula dengan GP Jerman 2016 yang tidak akan digelar karena persoalan uang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini