Share

Dua Pembalap Muda Toro Rosso Bukan Sekadar Rookie

Rully Pane, Jurnalis · Kamis 02 April 2015 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 02 37 1128223 dua-pembalap-muda-toro-rosso-bukan-sekadar-rookie-bMCVs8jM32.jpg Max Verstappen, pembalap termuda F1 musim 2015. (Foto: AFP/Mohd Rasfan)
A A A

SELANGOR - Team Principal Toro Rosso, Franz Tost, memuji habis pembalap muda andalannya, Max Verstappen. Menurutnya, sang pembalap telah membungkam publik yang skeptis dan menganggapnya terlalu muda untuk F1.

Bos tim yang bermarkas di Faenza, Italia, itu percaya kalau dua penampilan awal Verstappen, yaitu di GP Australia dan Malaysia sudah cukup membuktikan kalau pembalap asal Belanda punya kualitas.

Verstappen tercatat sebagai pembalap termuda yang pernah tampil di F1. Putra dari mantan pembalap F1, Jos Verstappen ini melakukan debutnya di Melbourne dalam usia 17 tahun 166 hari. Dia memecahkan rekor milik Jaime Alguersuari (Red Bull) yang memulai debutnya pada usia 19 tahun 125 hari di GP Hungaria pada 2009.

Verstappen sukses finis di posisi ketujuh pada GP Malaysia akhir pekan lalu, setelah start dari posisi enam di grid. Raihan ini juga membuatnya menjadi pembalap termuda sepanjang sejarah F1 yang sukses mencetak poin.

“Saya sudah katakan di Oktober dan November tahun lalu ketika orang semua mengkritik Max (Verstappen). Saya katakan waktu itu kalau Max akan membungkam orang-orang bodoh yang meragukannya. Saya percaya kemampuannya, Max akan tampil bagus di seri-seri mendatang,” ujar Tost penuh keyakinan seperti melansir Autosport, Kamis (2/4/2015).

Di sisi lain, rekan setim Verstappen yang juga debutan F1, Carlos Sainz Jr, juga tampil cukup impresif di dua race awal. Di luar dugaan, pembalap 20 tahun asal Spanyol itu sukses mencetak poin di Melbourne dan Sepang. Direktur Teknik Toro Rosso, James Key pun ikut-ikutan menyanjung para pembalapnya. Menurutnya, baik Sainz maupun Verstappen sama sekali tidak terlihat seperti rookie.

"Saya pikir pembalap muda ini telah tampil luar biasa di trek dan kondisi yang sulit. Mereka sangat kooperatif dan melakukan semua petunjuk tim. Mereka juga open minded dan selalu ingin belajar bahkan sampai larut malam. Mereka tidak terlihat seperti debutan, dan yang pasti, mereka adalah pembalap dengan skill tinggi. Tidak ada nervous, mereka fokus melakukan tugasnya,” celoteh Key.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini