Share

Drama Raikkonen-Rosberg Warnai Kemenangan Hamilton di Bahrain

Arief Hadi Purwono, Jurnalis · Senin 20 April 2015 00:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 20 37 1136795 drama-raikkonen-rosberg-warnai-kemenangan-hamilton-di-bahrain-9iiZmLdSn5.jpg Empat kemenangan beruntun Hamilton di F1 2015 (Foto: Reuters)
A A A

SAKHIR – Pilot Mercedes, Lewis Hamilton meraih kemenangan ketiganya di Formula One (F1) 2015 pada Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir. Berlari di depan sejak awal perlombaan, drama justru lebih seru terjadi di belakangnya.

Rekan setim Hamilton, Nico Rosberg bersaing ketat dengan pembalap Scuderia Ferrari, Kimi Raikkonen. Pria asal Finlandia itu menyusul Rosberg tepat di lap ke-56 dari 57 lap, saat Rosberg melakukan kesalahan.

Bagi Raikkonen, raihan podium ini merupakan yang kali pertamanya sejak ia bergabung kembali dengan Ferrari, bahkan yang pertama sejak tahun 2013.

Jalannya Perlombaan

Memulai seri di urutan terdepan, Lewis Hamilton menjaga posisinya dengan baik sejak lap pertama. Pembalap Mercedes itu diikuti oleh pilot Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel yang berebut posisi dengan rekan Hamilton, Nico Rosberg.

Persaingan keduanya, langsung dimanfaatkan pembalap Ferrari lainnya, Kimi Raikkonen untuk menyodok ke posisi tiga. Hingga akhirnya Rosberg turun ke peringkat empat, jelang memasuki lap kedua.

Pada lap keempat, Rosberg menyalip kembali Raikkonen untuk tempat ketiga dan bersemangat untuk mencapai Vettel. Namun team order menyarankannya untuk mengatur sistem pengereman mobil Mercedesnya.

Di momen lainnya, Pastor Maldonado mewakili tim Lotus mengasapi pilot Torro Rosso, Max Verstappen di lap ketujuh. Namun pembalap Venezuela itu diberi hukuman 5 detik penalti, karena keluar posisi sejak start dimulai.

Raikkonen yang mengais asa untuk meraih podium, mencoba strategi berbeda saat memasuki bengkel di lap ke-18. Ban mobil diganti menggunakan ban medium-lunak, yang berbeda ketimbang pesaingnya Hamilton, Rosberg dan Vettel yang menggunakan ban medium.

Pada lap 36, Rosberg akhirnya mampu mengekori Hamilton di urutan pertama. Saat menyalip Vettel yang melebar di putaran ke-14, Rosberg pun melaju kencang di trek lurus.

Memasuki lap ke-40, perlombaan mulai berjalan seru. Duo Ferrari terus menunjukkan kecepatan mobilnya, sekaligus memberi pesan kepada Mercedes bahwa mereka tak berlari sendiri musim ini. Bahkan Hamilton sempat dibalap Raikkonen, sebelum akhirnya juara F1 itu mengasapinya kembali.

Jelang lap-lap terakhir, pilot Williams, Valtteri Bottas menduduki peringkat empat dan menahan Vettel di belakangnya,”Ini hebat – ancaman dari Vettel cukup minimal, jadi kami dapat bertarung memperebutkan posisi ini,” kata team order Williams.

Drama terjadi saat lap menyisakan satu lap lagi. Raikkonen menyusul Rosberg yang melakukan kesalahan di putaran pertama, posisi kedua pun direbutnya. Dan hingga lap terakhir, Hamilton memegang kendali di posisi pertama diikuti Raikkonen dan Rosberg di peringkat tiga.

Hasil lengkap F1 2015 seri Bahrain:

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes 57 lap 1 jam 35 menit 05.869 detik

2. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +3.3s

3. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes +6.0s

4. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +42.9s

5. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +43.9s

6. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault +61.7s

7. Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes +84.7s

8. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap

9. Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault +1 lap

10. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +1 lap

11. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +1 lap

12. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +1 lap

13. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +1 lap

14. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +1 lap

15. Pastor Maldonado VEN Lotus-Mercedes +1 lap

16. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +2 laps

17. Roberto Merhi ESP Manor-Ferrari +3 laps

Tidak Menyelesaikan Perlombaan

Rtd Max Verstappen NED Toro Rosso-Renault

Rtd Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault

Tidak Ikut Berlomba

Jenson Button GBR McLaren-Honda masalah mekanis mesin

Lap Tercepat

Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari 1m 36.311s Lap 42

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini