Share

Michelin Masih Napsu dengan F1

Reza Jailani, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2015 03:08 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 22 37 1153862 michelin-masih-napsu-dengan-f1-D6MBH0p8t5.jpg Michelin masih napsu dengan F1 (Foto: Reuters)
A A A

CLERMONT-FERRANT – Meski penolakan telah terucap dari bos Formula One (F1), Bernie Ecclestone, tak menyurutkan niatan produsen ban ternama asal Prancis, Michelin, menjadi penyuplai ban untuk jet darat tersohor itu mulai 2017.

Sebelumnya, Pada 2001 hingga 2006, Michelin bersama dengan Bridgestone menjadi penyuplai ban bagi kontestan F1. Namun mereka mengundurkan diri setelah terjadi ketidaksepakatan saat pihak F1 memutuskan hanya memakai satu produsen ban sebagai penyuplai.

Setelah kontrak Bridgestone habis per akhir 2016, Michelin berniat untuk kembali memainkan perannya. Bahkan melalui bos dibagian Motorsport, Pascal Couasnon, mereka menawarkan ban yang dapat menunjang performa mobil F1 hingga batas kemampuan.

“Masih mungkin kami kembali ke F1, Michelin punya ide baru untuk FIA dan jika mereka membuka pintu, maka kami akan seriusi. Kami terbuka akan diskusi, tetapi kami hanya tertarik jika peraturan penggunaan ban F1 tak menghambat peran ban itu sendiri,” ucap Pascal, seperti dilaporkan Crash, Sabtu (23/5/2015).

“Kami menawarkan ban yang dapat meningkatkan performa mobil. Saat ini mereka terlihat tertahan akan sesuatu di bannya. Produk kami akan cocok untuk F1, kami ingin ban yang dapat digunakan ulang pembalap selama perlombaan,” tambahnya.

Sebelumnya, penolakan terlontar dari Ecclestone terkait ide Michelin menggunakan ban berukuran 18 inchi. Namun Pascal tetap optimis ide mereka merupakan yang terbaik. “Kami telah melakukan tes dengan ban 18 inchi. Dengan itu, performa mobil akan meningkat. Melakukan inovasi dari sirkuit seperti balapan di jalan raya akan semakin mudah,” terusnya.

Sebagai tambahan, saat ini Michelin menjadi penyuplai ban dalam kejuaraan World Endurance Championship, Formula E, dan World Rally Championship. Mereka juga mempersiapkan diri kembali menyuplai ban di MotoGP, yang saat ini dipegang Pirelli.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini