Share

Lima Kostum & Aksesoris Unik Pembalap MotoGP

Reza Jailani, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2015 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 22 38 1153859 lima-kostum-aksesoris-unik-pembalap-motogp-UYEmjXNT6S.jpg Penampilan unik dan eksentrik dari Marco Melandri (Foto: Red Bull)
A A A

SETIAP aksi dan apapun yang dilakukan pembalap MotoGP mendapatkan porsi perhatian yang besar dari pencinta olahraga adu cepat itu. Dimulai dari aksi salip-menyalip di lintasan, hingga pakaian atau aksesoris unik semacan desain helm menyita perhatian.

Setidaknya, sejak 2004 ada lima tingkah unik para rider MotoGP dan tak mudah dilupakan, seperti yang dirangkum RedBull, Sabtu (23/5/2015):

Kostum Spiderman ala Marco Melandri

Marco Melandri turun ke lintasan Sirkuit Estoril dengan jaket atau set up motor yang mencolok pada serie ke-11 MotoGP 2004. Saat itu ia membela panji-panji Yamaha Tech 3 dengan mengenakan pakaian khas superhero Spiderman.

Sayang balapan yang berlangsung pada 5 September 2004 itu berakhir antiklimaks bagi Melandri. Tidaknya hanya gagal memenangi balapan, rider Italia itu juga gagal menyentuh garis finis setelah start dari posisi tujuh.

Kostum Tentara ala Colin Edwards

Kostum loreng-loreng yang identik dengan pasukan militer, atau akrab disebut camo itu melekat di tubuh Colin Edwards tahun lalu. Tepatnya saat rombongan MotoGP berlaga di Sirkuit Indianapolis dengan Edwards selaku rider tuan rumah.

(Foto: Redbull)

Dalam penuturannya, ia memakai kostum army look untuk memberikan dukungan kepada tentara Amerika Serikat yang bertugas di Timur Tengah. Tidak hanya jaket, helm yang dipakai Edwards juga bercorak camo.

Design Futuristic Suzuki

Sebelum memutuskan istirahat sejenak dari hiruk-pikuk MotoGP pada akhir 2011, Suzuki sempat menghebohkan paddock tim MotoGP dengan desain motor dan set up yang berbau futuristic.

Hal tersebut terjadi pada seri MotoGP Misano yang menggunakan jasa Troy Lee sebagai designer. Alvaro Buatista yang saat itu menjadi rider tim pabrikan Jepang, berpose dengan motor berwarna silver seperti cermin.

Casey Stoner All in White

Casey Stoner memang sudah pensiun dari balap MotoGP, namun aksinya di Sirkuit Albert Park Australia pada 2012, masih akan dikenang banyak pihak. Saat itu dirinya turun dengan kostum serta motor serba putih, hanya ada tambahan bendera Australia yang mencerminkannya sebagai penguasa sirkuit tersebut.

(Foto: Redbull)

Ternyata, kostum tersebut sengaja ia kenakan untuk mengukuhkan dirinya sebagai penguasa Phillip Island selama enam tahun berturut-turut. Stoner memutuskan pensiun setelah menyabet gelar juara dunia kedua kalinya di akhir 2012.

Helm Heboh Valentino Rossi

Helm khas yang dipakai Valentino Rossi pada 2008 dianggap sebagai desain yang terbaik sepanjang masa. The Doctor memang kerap mengeluarkan helm dengan rancangan khusus saat akan berlaga sebagai pembalap tuan rumah di Sirkuit Mugello Italia, setiap tahunnya.

(Foto: Redbull)

Helm itu merupakan salah satu yang sangat disukai para pencinta MotoGP. Designnya yang nyeleneh dengan memperlihatkan wajah Rossi tepat di atas kepala membuatnya sangat mudah disukai dan diingat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini