Share

Jago Tinju Indonesia Mengeluhkan Kurangnya Peran Menpora

Zanel Farha Wilda, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2015 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 23 43 1154171 jago-tinju-indonesia-mengeluhkan-kurangnya-peran-menpora-A8SnCZknD3.jpg Menpora diminta supaya lebih giat memperhatikan cabang olahraga berprestasi dan rutin menggelar kompetisi. (Foto: Okezone/Heru Haryono)
A A A

JAKARTA - Keberadaan olahraga tinju di Indonesia saat ini sedang meredup. Bukan cuma tinju, cabang yang lain demikian. Petinju nasional, Daud Yordan, kecewa dengan minimnya peran pemerintah, dalam hal ini Menpora, yang menjadi salah satu penyebab hilangnya petinju-petinju muda Indonesia.

Bersama Chris John, Daud adalah contoh bagaimana petinju Indonesia bisa disegani dan dihormati oleh lawan-lawannya dari negara lain. Pecinta tinju Indonesia tentu berharap dapat melihat petinju muda berkualitas seperti Chris John maupun Daud Yordan. Tapi melihat kondisi tinju Indonesia saat ini, rasanya harapan itu berat untuk diwujudkan dalam waktu dekat.

Saat dihubungi Okezone, Daud menilai sulitnya menemukan petinju muda berbakat saat ini disebabkan karena minimnya peran pemerintah dalam kompetisi tinju. Padahal, kompetisi yang bermutu harus rutin digelar.

“Tanpa pemerintah, petinju di Indonesia tidak akan berjalan, bibit-bibit muda di daerah sulit ditemukan. Atlet kan butuh pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah adalah produsen yang menyelenggarakan kejuaraan, sedangkan atlet adalah konsumennya,” jelas Daud.

Petinju kelahiran Ketapang, Kalimantan Barat itu, menyatakan pernah kehilangan gelar juara yang dimiliki akibat tidak ada lagi kejuaraan yang bisa diikuti karena pemerintah sudah lama tidak mengadakannya. Absennya Daud dari kompetisi tinju membuat kemampuannya pun menurun. Ia berharap kejadian seperti itu tidak terjadi lagi pada petinju-petinju Indonesia.

“Kalau sudah seperti itu (kehilangan gelar) sayang kan? Sudah capek-capek berjuang, berusaha, tapi gelar hilang begitu saja. Padahal kami sudah membantu membanggakan negara,” imbuhnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini