Share

Monaco Milik Rosberg!

Arief Hadi Purwono, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2015 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 24 37 1154526 monaco-milik-rosberg-zegNIUvamz.jpg Rosberg tegaskan diri sebagai penguasa Sirkuit Monaco (Foto: AFP)
A A A

MONTE CARLO – Pembalap Mercedes, Nico Rosberg meraih tiga kemenangan beruntun sejak Formula One (F1) 2013 di Sirkuit Monaco, Monte Carlo. Catatan itu berlanjut hingga tahun ini, dan Rosberg menambah catatan positifnya di sirkuit tersebut, dengan dua kemenangan beruntun di F1 2015.

Beberapa pekan lalu Rosberg jadi yang tercepat di Barcelona, dan kali ini ia menaklukkan Prancis. Sekaligus mengasapi rekannya, Lewis Hamilton yang ada di urutan tiga. Untuk posisi kedua, ditempati oleh pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel.

Jalannya Perlombaan

Jumlah total 78 putaran akan dilakoni kontestan F1 di serie Prancis ini, dan duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg memulai di garis terdepan. Diikuti pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel.

Dari start, Hamilton langsung tancap gas mempertahankan posisi pertama yang diikuti Rosberg. Berlangsung di sirkuit jalanan, di mana ukuran trek tidak seluas sirkuit pada umumnya. Mobil pembalap Force India, Nico Hulkenberg langsung menabrak pembatas jalan. Beruntung ia bisa melanjutkan perlombaan, dengan mengganti sayap depan mobilnya saat memasuki bengkel.

Panitia perlombaan memutuskan Fernando Alonso bersalah atas kejadian tersebut. Pilot McLaren itu menabrak mobil Hulkenberg hingga keluar jalur, dan ia dihukum penalti waktu lima detik.

Memasuki putaran ke-10, baik Alonso ataupun Jenson Button berpotensi meraih poin pertama untuk McLaren karena berada di 10 besar. Namun momen tersebut berbalik untuk Alonso di lap 44, pasalnya gearbox mobil McLaren Alonso kembali bermasalah dan mobil berhenti. Alonso gagal melanjutkan perlombaan.

Cuaca setempat yang panas, membuat seluruh tim melakukan strategi dengan mengubah komponen ban. Kebanyakan di antara mereka, mengganti ban dengan ban super lunak.

Max Verstappen! Safety car keluar untuk kali pertama di perlombaan ini pada lap 64. Pemuda berusia 17 tahun Toro Rosso itu menabrak pembatas jalan dengan keras, saat ingin menyalip pembalap Lotus, Romain Grosjean yang ada di depannya.

Beruntung Verstappen tak mengalami cedera serius, dan ia tak bisa melanjutkan perlombaan. Padahal rookie F1 itu menjalani perlombaan dengan baik, sebelum kecelakaan tersebut.

Munculnya safety car, sementara mengubah susunan pembalap yang ada di garis depan. Hamilton yang dominan dari awal perlombaan, turun ke peringkat tiga di belakang Rosberg yang ada di peringkat pertama dan Vettel.

Tujuh putaran tersisa di Sirkuit Monaco, dan kehadiran safety car kembali menghidupkan persaingan. Jarak antara pembalap tak lagi melebar dari urutan pertama hingga keenam, Rosberg mempertahankan posisi pertama. Sementara Hamilton terus menempel dan mencoba menyalip Vettel.

Namun hingga akhir perlombaan, posisi tersebut tak berubah. Dan Rosberg meraih tiga kemenangan beruntun di Sirkuit Monaco, serta dua kemenangan beruntun di F1 2015.

Berikut hasil lengkap serie Prancis di Sirkuit Monaco, Monte Carlo:

1. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes 78 laps 1hr 31m 54.067s
2. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +4.4s
3. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes +6.0s
4. Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault +11.9s
5. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault +13.6
6. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +14.3s
7. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +15.0s
8. Jenson Button GBR McLaren-Honda +16.0s
9. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +23.6s
10. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault +25.0s
11. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +26.2s
12. Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes +28.4s
13. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +31.1s
14. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +45.7s
15. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +1 lap
16. Roberto Merhi ESP Manor-Ferrari +2 laps
17. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +2 laps


Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini