Share

Marquez Oke, Honda yang Kacau

Rully Pane, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2015 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 30 38 1157717 marquez-oke-honda-yang-kacau-1264c6mFbG.jpg Repsol Honda dengan motor RC213V-nya tampil mengecawakan sejauh ini di MotoGP 2015 (foto: AFP)
A A A

MUGELLO Rider andalan Tim Ducati, Andrea Dovizioso, meyakini hasil minor yang diraih tim rival, Repsol Honda, musim ini bukanlah kesalahan pembalapnya Marc Marquez. Menurut Dovi, itu murni akibat permasalahan di Departemen Balap Honda (HRC) sendiri.

Di MotoGP musim ini, penampilan Marquez memang jauh dari konsisten. Dia tidak lagi sedominan musim lalu ataupun di musim 2013 ketika menjadi juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya. The Baby Alien juga kerap mengeluhkan performa motor Honda RC213V di musim ini.

Namun, Dovi melihat tak hanya faktor motor Marquez yang bermasalah. Dia juga melihat hal serupa pada rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, serta rider LCR dan Marc VDS yang merupakan tim satelit Honda yakni Cal Crutchlow dan Scott Redding. Para rider ini memang mengendarai motor yang sama dengan Marquez, walaupun versi factory specification.

"Saya rasa orang terlalu berlebihan soal Marc (Marquez), kita tak boleh meremehkannya. Dia rider muda yang telah membuktikan kualitasnya. Saya pikir Honda tak berada di level yang kita kira musim ini. Semua pembalap Honda tidak tampil terlalu bagus musim ini, saya tidak tahu kenapa. Dengan segala masalahnya, Marc masih mampu menang di Amerika dan finis kedua di Spanyol. Jadi, dia tetap hebat," ujar Dovi, mengutip dari Speedweek, Sabtu (30/5/2015).

The Little Dragon - julukan Dovi - juga meyakini bahwa level persaingan yang begitu ketat musim ini sedikit banyaknya membuat Honda kian terlihat buruk.

"Sejak pertengahan musim lalu, Yamaha sudah punya motor terbaik. Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi sudah terbukti kembali ke puncak performa. Ducati sendiri juga mengalami peningkatan yang begitu besar," tandas rider yang juga pernah membela panji Repsol Honda pada 2008–2011.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini