Share

Jangan Pernah Melupakan Pembalap Ini

Daniel Setiawan, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2015 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 01 38 1174673 jangan-pernah-melupakan-pembalap-ini-qSOlvC9D2r.jpg Jangan lupakan peluang Lorenzo juara MotoGP 2015. (Foto: Reuters/Max Rossi)
A A A

MUNGKIN banyak yang tidak menduga sebelumnya performa Jorge Lorenzo bisa begitu apik di musim ini. Empat kemenangan beruntun merupakan bukti nyata bahwa pembalap yang pernah dua kali juara dunia tersebut masih memiliki kualitas.

Sayangnya, pembalap yang memiliki julukan X-Fuera itu tidak dapat melanjutkan tren positif pada seri Assen, Belanda. Performa terbaiknya di latihan bebas hanya terjadi pada sesi keempat. Pada sesi tersebut, X-Fuera menempati posisi ketiga pembalap tercepat setelah membukukan waktu 1 menit 33.592 detik. Pencapaiannya itu juga diraih setelah harus melibas 13 putaran, dari 14 putaran yang direncanakan.

Sesi kualifikasi bahkan berakhir cukup mengecewakan untuknya. Ia hanya menempati posisi kedelapan dengan catatan waktu terpaut 0.415 detik dari pole position yang diraih oleh kompatriotnya, Valentino Rossi.

Sentuhan magisnya berupa overtaking di awal balap seperti di seri sebelumnya kembali ia lakukan di Assen. Memulai balap dari posisi delapan, ia merangsek hingga posisi ketiga dan bertahan hingga akhir balap. Bukan masalah beruntung atau tidak beruntung kali ini.

Dari sisi rival, dua lawannya memang sedang on fire menghadapi seri Assen. Untuk Marc Marquez, Assen menjadi ajang penebusan dosanya di seri sebelumnya. Sementara untuk Valentino Rossi, Assen adalah salah satu trek favoritnya.

Lorenzo menjadi seorang Lorenzo di Sirkuit Assen. Tipe sirkuit yang cukup tricky dengan beberapa tikungan low speed dikombinasikan oleh trek lurus high speed nampaknya bukan favorit pembalap 28 tahun itu. Rekam jejaknya di Assen pun berbicara.

Podium ketiganya di Assen merupakan yang pertama dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Sejak 2011 ia selalu mendapatkan hasil minor di sirkuit yang memiliki panjang 4,5 kilometer tersebut. Pada 2011 ia hanya finis di posisi enam, kemudian di edisi 2012 ia gagal finis. Ia menempati posisi lima pada 2013 dan tahun lalu ia tercecer di posisi 13.

Namun, kita semua setuju bahwa Lorenzo masih menjadi salah satu kandidiat yang diperhitungkan untuk menjadi juara dunia musim ini. Jika penampilannya dapat terus konsisten di seri berikutnya, maka momentum layaknya ketika ia melibas empat seri beruntun dengan kemenangan akan kembali menghampirinya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini