Share

Kibar sang Saka Merah Putih di Inggris

Arief Hadi Purwono, Jurnalis · Senin 06 Juli 2015 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 06 37 1177143 kibar-sang-saka-merah-putih-di-inggris-JxgtYQcTpf.jpg Rio Haryanto membanggakan publik Indonesia (Foto: Paolo Pellegegrini/Antara)
A A A

SILVERSTONE – Rio Haryanto kembali membuat publik Tanah Air bangga di Sirkuit Silverstone, Inggris. Pembalap Campos Racing kelahiran Surakarta itu jadi yang tercepat dan memijaki podium di sprint race GP2 Series.

Kemenangan tersebut merupakan kemenangan ketiga Rio di GP 2 musim ini, setelah sebelumnya menang di Bahrain dan Austria pada kategori sprint race.

Pemuda berusia 22 tahun itu kini total mengoleksi 91 poin dan ada di urutan tiga klasemen pembalap sementara, di bawah Stoffel Vandoorne (ART Grand Prix) dan Alexander Rossi (Racing Engineering).

Lantas, apa kunci sukses Rio meraih kemenangan sprint race di Inggris? Berikut petikan wawancara yang dikutip dari laman resmi GP2 (6/7/2015):

Rio, Kemenangan ketiga Anda musim ini dan Anda membuatnya terlihat mudah: bagaimana sebenarnya perlombaan dari pengamatan Anda?

“Segalanya bermula di putaran pertama: saya tahu saya harus membuat jarak yang baik, dan saya memulai start dengan sangat baik dan mampu menjaga jarak di lap pertama-kedua. Saya mencoba menjaga jarak karena DRS menguntungkan Anda dan saya mampu menjaganya,”

“Menjaga jarak dari awal dan menjaga ban mobil: hal itu tak mudah dilakukan, karena ban depan saya terkikis, tapi pada akhirnya terasa menyenangkan ketika Anda melewati garis finis! Kemenangan ketiga musim ini, dan sejauh ini tahun berjalan baik bagi saya,”

(Raffaele) Marciello ada di sana namun tak bisa mendekati Anda: apakah Anda sadar akan hal tersebut? Atau hanya fokus di jalur dan waktu Anda?

“Pada awalnya tim mekanik memberitahu saya untuk menjaga ban, karena untuk awal putaran pertama saya sangat cepat dan mencatatkan putaran tercepat dan saya berbicara dengan mereka untuk mengetahui jarak serta menjaga kesehatan ban,”

“Saya lakukan karena perlombaan masih panjang dan ban akan berada di ambangnya. Tapi saya pikir saya cukup baik melindungi ban hingga akhir perlombaan,”

Apakah hasil ini mengobati kekecewaan Anda sejak kualifikasi?

“Ya tentu saja! Kami menjalani sesi latihan dengan baik ketika saya jadi yang tercepat, dan saya benar-benar percaya menghadapi kualifikasi, tapi kami mengalami masalah dan harus memulai dari urutan 15,”

“Saya akan katakan cukup beruntung ada insiden di putaran terakhir, yang mana meletakkan kami di depan dari urutan 10 ke delapan, dan hal itu membuat segalanya berjalan sedikit mudah hari ini,”

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini