Share

Rasisme dan Tudingan Tanking Kyrgios di Wimbledon 2015

Arief Hadi Purwono, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2015 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 07 43 1177758 rasisme-dan-tudingan-tanking-kyrgios-di-wimbledon-2015-CctuNlINAo.jpg Kyrgios melakukan tanking dan dikritik Fraser (Foto: Reuters)
A A A

LONDON – Tindakan sengaja mengalah atau niatan tak bermain maksimal yang biasa disebut tanking dalam dunia olahraga, merupakan perbuatan tidak terpuji yang menodai sportivitas pertandingan. Hal itu saat ini tengah terjadi di turnamen Grand Slam, Wimbledon 2015.

Petenis muda Australia, Nick Kyrgios dituding sengaja mengalah kepada Richard Gasquet pada putaran keempat yang berakhir 7-5, 6-1, 6(7)-7(9), 7(8)-6(6) dan mendapatkan banyak kritikan. Termasuk salah satunya dari mantan atlet Olimpiade Wales, Dawn Fraser.

“Benar-benar memalukan. Saya sangat terkejut berpikir ia keluar bermain di sana dan sengaja ingin menagalah, ia melakukan tanking dan itu memalukan. Mereka seharusnya jadi contoh yang lebih baik untuk generasi muda negara ini, negara kami,” ucap Fraser di sebuah acara televisi seperti dilansir abs-cbnnews, Selasa (7/7/2015).

“Jika mereka tak menyukainya, kembali ke tempat di mana ayah atau orang tua mereka berasal. Kami tak membutuhkan mereka di negara ini jika mereka berperilaku seperti itu,” lanjut Fraser.

Ucapan Fraser tersebut lantas dinilai berbau rasisme oleh Kyrgios. Petenis berusia 20 tahun itu langsung memberikan komentarnya di laman facebook pribadinya.

“Lempar raket, Anda sial. Memperdebatkan regulasi, sangat tidak terhormat. Frustasi ketika berkompetisi, mengganggu. Menunjukkan emosi, arogan. Anda rasis! Legenda Australia,” imbuh Kyrgios.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini