Share

Jumlah Uang yang Disetor Menpora untuk Asian Games 2018

Agregasi Sports Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2015 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 28 43 1186523 jumlah-uang-yang-disetor-menpora-untuk-asian-games-2018-t5M1QMxU2W.jpg Jumlah uang yang disetor Kemenpora untuk Asian Games 2018. (Foto: Antara/Vitalis Yogi Trisna)
A A A

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menyusun strategi penggunaan uang yang harus disetor ke Olympic Council of Asia (OCA) dalam rangka penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia. Uang setoran pemerintah itu bernilai USD17 juta atau sekira Rp229 miliar.

Jumlah tersebut akan terbagi dalam dua kategori yakni USD2 juta (Rp27 miliar) untuk Guarantee Deposit serta USD15 juta (Rp202 miliar) untuk program Public Relations and Advertising Campaign sebagai tuan rumah. Anggaran Kemenpora yang telah disetujui DPR RI adalah sebesar Rp381 milyar.

Dalam laporan hasil rapat Kemenpora beserta Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Senin 27 Juli 2015 di Jakarta, biaya yang mendesak untuk dibayarkan adalah Guarantee Deposit sebesar USD2 juta. Namun, lembaga pimpinan Menpora Imam Nahrawi baru berencana membayarkan jumlah tersebut ke OCA setelah nota kesepahaman bersama KOI disepakati.

"Dana tersebut harus segera ditransfer karena dikhawatirkan akan meningkat seandainya nilai tukar Rupiah terus melemah," demikian pernyataan tertulis Kemenpora, mengutip Sindonews.com, Selasa (28/7/2015).

Jika kewajiban melunasi biaya-biaya tersebut telah dipenuhi, pemerintah masih harus melakukan finalisasi master plan penyelenggaraan Asian Games yang telah dirancang sejak 14 Juni 2015. Dalam laporan yang sama, materi final diharapkan sudah dapat selesai pada awal Agustus 2015.

Kemenpora juga masih memiliki sisa dana sebesar Rp160 miliar setelah pelunasan Guarantee Deposit dan Advertising Campaign. Jumlah tersebut akan digunakan untuk peremajaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

"Khusus untuk renovasi GBK Senayan, Pemda DKI (Jakarta) bersikap kooperatif sejauh segera dibahas dan ada surat permintaan penanganannya dari Kemenpora dan Setneg," lanjut pernyataan tersebut.

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Hingga saat ini, kesiapan atlet, infrastruktur dan perencanaan anggaran menjadi poin krusial dalam menyambut pesta olahraga terbesar Asia itu. (Susanto/Sindonews.com)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini