Share

Pembelaan Honda kepada Rookie MotoGP

Rully Pane, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2015 18:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 31 38 1188635 pembelaan-honda-kepada-rookie-motogp-aOCi5LVz6V.jpg Jack Miller (foto: motogp.com)
A A A

MONTE CARLOTeam Principal LCR Honda, Lucio Cecchinello, meminta publik untuk tidak terlalu cepat menghakimi rider muda timnya, Jack Miller, di MotoGP musim ini. Dalam wawancara dengan Speedweek, Jumat (31/7/2015), pria berpaspor Italia itu berpendapat kalau motor Open Class RC213V-RS kurang membantu performa Miller musim ini.

Sebagai rookie yang langsung ‘lompat’ dari Moto3 ke MotoGP, musim ini Miller memang masih tertahan di peringkat 18 klasemen sementara dengan koleksi 12 poin. Meski demikian, rider Australia itu merupakan pembalap Open Class Honda terbaik sejauh ini, mengungguli Nicky Hayden dan Eugene Laverty dari Aspar, serta Karel Abraham dari AB Motoracing.

"Kami sebenarnya kurang puas atas pencapaian Jack (Miller) sejauh ini. Tapi, kami pikir motor Open Class RC213V-RS musim ini bakal lebih baik dari tahun lalu, ternyata tidak! Sebelum mengevaluasi performa Jack, kami juga harus memikirkan motor ini,” ujar Cecchinello, disadur dari Speedweek, Jumat (31/7/2015).

“Jika dibanding dengan pembalap berpengalaman seperti Nicky (Hayden), Eugene (Laverty), dan Karel (Abraham), saya pikir performa Jack masih bisa dimaklumi," imbuhnya.

Cecchinello pun menegaskan bahwa faktor perangkat elektronik (ECU) merupakan kunci utama buruknya performa motor RC213V-RS musim ini.

"Motor Jack sama persis seperti motor Stefan (Bradl) –kini memperkuat Forward Yamaha– yang kami pakai tahun lalu, hanya saja memakai ECU yang berbeda dan tak ada seamless transmission. Saya pikir ini jadi penyebab penurunan performa RC213V-RS. Ini membuktikan bahwa ECU berpengaruh besar di banyak area motor. Bahkan, kecepatan kami lebih rendah dibanding Stefan tahun lalu," ungkap Cecchinello lagi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini