Share

Obor Olimpiade Rio Dinyalakan di Olympia

Pidekso Gentur Satriaji, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2015 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 02 43 1189135 obor-olimpiade-rio-dinyalakan-di-olympia-r3VJWOAQ0N.jpg Obor Olimpiade Rio memisahkan Presiden Brasil, Dilma Rousseff, dengan Presiden Komite Organisasi Olimpiade, Carlos Arthur Nuzman (Foto: Wenderson Araujo/Reuters)
A A A

BRASILIA – Obor Olimpiade Rio de Janeiro akan dinyalakan di situs bersejarah Olympia, Yunani, pada 21 April 2016. Rio akan menjadi kota pertama di Amerika Selatan yang menyelenggarakan event olahraga terbesar di dunia tersebut.

Obor akan tiba di Brasil pada 3 Mei 2015, untuk lanjut diarak keliling Negeri Samba selama 100 hari. Demikian keterangan Communications Director Rio 2016, Mario Andrada, dalam presentasinya kepada International Olympic Comittee, seperti diberitakan Reuters, Minggu (2/8/2015).

Awal bulan ini, penyelenggara Rio 2016 memperkenalkan ke publik obor yang akan dibawa oleh 12.000 pembawa obor. Nantinya, obor akan melewati 500 kota serta desa, sekaligus menunggu rampung Rio yang sedang mempersolek diri.

Obor untuk olimpiade, baik musim panas atau musim dingin, tradisionalnya dinyalakan dengan cermin parabola dan sinar matahari dalam upacara di Olympia. Sang pembawa obor pertama mengawali larinya dari stadion.

Penyalaan obor dan estafet tidak ada dalam olimpiade kuno. Tapi, baru diperkenalkan oleh penyelenggara Nazi dalam Olimpiade Berlin 1936.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini