Share

Regulasi Teknis Baru di MotoGP 2016

Rully Fauzi, Jurnalis · Senin 08 Februari 2016 07:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 08 38 1306972 regulasi-teknis-baru-di-motogp-2016-JrcY0DrKwE.jpg
A A A

JENEWA – Sejumlah regulasi anyar dipastikan akan hadir di MotoGP 2016, di antaranya mengenai perangkat pengontrol elektronik di premier class, tekanan ban minimum dan peralatan quickshift di kelas Moto2.

Dilaporkan laman resmi MotoGP, Senin (8/2/2016), Komisi Grand Prix telah menggelar pertemuan di Jenewa, Swiss, yang dihadiri CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, CEO Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Ignacio Verneda, Herve Poncharal (Asosiasi Tim Balap Internasional/IRTA) dan Takana Tsubouchi (Asosiasi Pabrikan Motor Sport/MSMA).

Selain itu, hadir pula Presiden FIM, Vito Ippolito, Javier Alonso (Dorna), dan Mike Trimby (IRTA). Nah, berikut ini adalah perubahan regulasi teknis yang akan berlaku per MotoGP 2016:

Elektronik (MotoGP)

Technical Director nantinya bisa dan memiliki hak untuk mengecek jalur data logger motor dan juga mengecek hardware seperti sensor-sensor apa saja yang digunakan. Prosedur homologasi untuk sensor yang disuplai pihak ketiga dan yang diproduksi oleh pabrikan juga telah disetujui.

Tekanan Ban Minimum Kelas MotoGP

Regulasi ini telah diperkuat dan memungkinkan Direktur Teknis, serta stafnya yang dibantu engineer dari penyuplai ban resmi (Michelin) untuk memeriksa tekanan ban minimum yang harus dipatuhi.

Staf dari supplier ban sekarang diberi otoritas untuk mengecek tekanan ban kapan saja (secara manual dan dengan cara yang sekarang biasa mereka lakukan).

Peralatan Quickshift (Moto2)

Telah diidentifikasi bahwa beberapa gearbox yang mengalami malfungsi saat perlombaan disebabkan oleh beberapa masalah pada komponen quickshift yang diproduksi oleh supplier pihak ketiga.

Direktur Teknis, yang berkonsultasi dengan Externpro, akan menentukan merek dan model produk quickshift dari penyuplai pihak ketiga yang akan diwajibkan untuk kelas ini. Implementasi aktual dari regulasi ini akan diberlakukan ketika Direktur Teknis puas bahwa semua tim telah memiliki waktu cukup untuk memperoleh materi baru.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini