Share

Sportpedia: Alasan Rider MotoGP Harus Memakai Pakaian Khusus

Aditya Wahyutomo , Jurnalis · Kamis 11 Februari 2016 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 11 38 1309559 sportpedia-alasan-rider-motogp-harus-memakai-pakaian-khusus-WAChccL1S5.jpg Seragam melindungi pembalap saat terjatuh (Foto: Redbull)
A A A

BALAPAN MotoGP memang terkenal sebagai salah satu olahraga yang berbahaya. Itu terjadi karena para penunggang kuda besi tersebut harus melaju dengan kecepatan hingga 300 kilometer per jam. Jika mereka terjatuh pada kecepatan tersebut, maka bisa dipastikan sang pembalap akan mengalami cedera, bahkan kematian.

Namun nampaknya masalah keselamatan tersebut sudah diperhatikan secara detail oleh pihak penyelenggara MotoGP. Seperti dirangkum oleh RedBull, seragam khusus para pembalap dilengkapi beberapa teknologi yang mengurangi risiko dari cedera parah.

Pakaian Pembalap Harus Pas di Badan

Para pembalap memang harus memiliki seragam yang membebaskan mereka melakukan segala macam gerakan untuk bermanuver. Namun demi keamanan, pakaian pembalap haruslah sesuai dengan postur tubuh pembalap. Itu pula penyebab satu seragam pembalap tidak bisa digunakan oleh pembalap lain karena memiliki ukuran yang berbeda alias custom.

Lapisan Pakaian dan Berat Seragam

Seragam pembalap MotoGP rupanya tidaklah terdiri dari satu panel melainkan dari beberapa panel. Beberapa panel baju bisa dicopot untuk memudahkan dalam proses mencuci. Dalam beberapa bagian penting, panel pakaian harus dilapis menjadi dua agar tidak mudah rusak. Dengan data tersebut ditambah beberapa pelindung, maka berat seragam pembalap MotoGP bisa mencapai 4,5 kilogram.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Perlindungan Khusus

Terdepat beberapa titik yang memerlukan perlindungan khusus di tubuh para pembalap. Itulah penyebab para produsen seragam MotoGP biasanya memberikan pelindung tambahan di pundak, sikut dan lutut. Pelindung yang digunakan di posisi tersebut juga menggunakan formula plastik yang masih menjadi rahasia.

Bahan kulit yang digunakan pada bagian tertentu tersebut rupanya berbeda dengan bahan kulit seragam bagian lainnya. Pada bagian lutut, siku, dan pundak biasanya para produsen seragam memutuskan untuk menggunakan kulit sapi bagian khusus dan kulit kanguru.

Pengaturan Suhu

Pakaian yang digunakan oleh para pembalap MotoGP awalnya membuat para pembalap merasakan kepanasan. Namun untuk kepentingan kenyamanan, seragam yang digunakan haruslah membuat para pembalap tetap merasa dingin.

Selain untuk kepentingan suhu udara, seragam yang digunakan oleh pembalap MotoGP juga harus sesuai dengan bentuk aerodinamis motor. Hal tersebut digunakan agar hambatan angin tidak menjadi penyebab melambatnya laju motor.

1
2
   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini