Share

Dua Opsi Indonesia untuk Gelar MotoGP 2017

Zanel Farha Wilda, Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2016 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 13 38 1311289 dua-opsi-indonesia-untuk-gelar-motogp-2017-PoiK1DtBSn.jpg MotoGP (Foto: AFP)
A A A

JAKARTA – Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP 2017 masih terus menjadi bahan perbincangan. Pasalnya hingga saat ini, Indonesia belum memutuskan sirkuit mana yang jadinya akan dipakai untuk menggelar kompetisi balap motor kelas utama tersebut.

Menjawab rasa penasaran masyarakat, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengungkapkan saat ini Indonesia memiliki dua opsi terkait perhelatan MotoGP 2017. Opsi pertama tentu berkaitan dengan wacana pembangunan sirkuit baru.

“Soal MotoGP, kita punya dua opsi. Pertama, kami sedang menunggu pihak-pihak yang sedang merencanakan pembangunan sirkuit baru. Ini ada di beberapa tempat, yaitu Jakarta, Palembang, Surabaya, Bali, dan Jawa Barat,” ungkap Imam saat ditemui di acara Pertandingan Futsal Persahabatan bersama dua pembalap MotoGP, Marc Marquez dan Dani Pedrosa di Kuningan Village Futsal, Jakarta, Sabtu (13/2/2016).

Meski demikian, politisi 42 tahun itu menambahkan bahwa perhatian kepada opsi pertama ini harus ketat dilakukan dan semua pihak harus bisa memastikan jadwal penyelesaiannya. Kalau sampai Juni 2016 belum ada laporan sejauh mana pembangunannnya, tentu tidak mungkin Indonesia bisa mengandalkan sirkuit baru untuk MotoGP 2017.

Sementara untuk opsi kedua, Imam mengungkapkan hal tersebut berhubungan dengan sirkuit yang sudah ada. Penggunaan sirkuit yang sudah ada kemungkinan bisa dilakukan asal adanya penyempurnaan sirkuit yang dananya bukan dari negara.

“Memakai sirkuit yang sudah ada tentu dengan penyempurnaan, entah itu infrastruktur dan sebagainya. Tapi, ini pun dengan syarat APBN (anggaran pendapatan belanja negara) tidak boleh masuk. Jadi, sekali lagi ini semangat kita untuk menggugah pihak swasta untuk terlibat,” terang Imam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(zan)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini