Share

Menpora Minta Desain Maskot Baru Asian Games 2018 Lebih Keren

Fajar Anugrah Putra, Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2016 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 13 43 1311307 menpora-minta-desain-maskot-baru-asian-games-2018-lebih-keren-namnWDNhmY.jpg Derawa, logo resmi Asian Games 2018 yang dikritik banyak pihak. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)
A A A

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi ingin agar maskot baru Asian Games 2018 lebih menonjolkan nilai-nilai modern.

"Asian Games harus dimaknai ini adalah gelaran besar. Kami ingin maskot lebih bersahabat dan yang kekinian," katanya, mengutip Antara, Sabtu (13/2/2016).

Sebelumnya, maskot Asian Games 2018 telah diluncurkan pada sosialisasi kejuaraan olahraga terbesar di Asia di Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, akhir Desember 2015. Namun, maskot burung cenderawasih bernama Derawa itu mendapat kritik tajam dari masyarakat karena dinilai tidak menarik dan desainnya sangat jadul.

Pemerintah pun segera berkomunikasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) tentang revisi Derawa yang diharapkan tuntas pada Mei 2016.

Sementara itu, Kepala Bekraf, Triawan Munaf menyambut baik Nota Kesepahaman yang dilakukan dengan Kemenpora untuk revisi maskot Asian Games 2018. Pihaknya menegaskan bahwa pesta olahraga Asia empat tahunan itu bisa mencerminkan olahraga tingkat dunia.

"Asia memiliki energi optimisme yang besar. Makanya tema yang kita siapkan adalah "Energy of Asia". Untuk itu, kami akan melibatkan profesional yang ahli desain. Saat ini kita banyak memiliki individual yang berbakat," katanya.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) nantinya akan memilih desain terbaik dan Kemenpora yang akan mengumumkannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini