Share

Sean Gelael Jalani Tes Simulator di Dallara

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 05 Mei 2016 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 37 1380632 sean-gelael-jalani-tes-simulator-di-dallara-X5SZt8tY42.jpg Seah Gelael tes simulator di Bologna. (Foto: Zanel Farha Wilda/Okezone)
A A A

JAKARTA - Pembalap muda Indonesia, Muhammad Sean Gelael, mendapat pengalaman berharga dengan diundang mengikuti tes simulator di markas Dallara Automobil yang berada di Bologna, Italia, Rabu 4 Mei 2016. Bagi Sean, tes simulator ini sekaligus menjadi momen mematangkan persiapannya untuk menjalani balapan perdana GP2 yang akan dimulai di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol pada tanggal 15 Mei 2016.

“Tentu ini sebuah pengalaman yang sangat berharga. Kesempatan ini juga semakin membuat saya antusias untuk menghadapi balapan perdana di Barcelona nanti. Banyak pelajaran yang bisa kami petik dari uji simulator ini. Rasanya luar biasa,” kata Sean, pebalap berusia 19 tahun yang akan tampil di GP2 bersama tim Pertamina Campos Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia.

Dallara Automobil merupakan perusahaan manufaktur sasis mobil yang didirikan oleh desainer Gian Paolo Dallara pada tahun 1972. Perusahaan ini berpengalaman membangun sasis untuk balap mobil sport, dan berkembang menjadi pemasok sasis untuk beberapa tim balap mobil kursi tunggal, pada ajang GP3, GP2 dan Formula 1.

Dalam uji simulator di markas Dallara, Sean juga ditemani rekan setimnya, Mitch Evans. Keduanya mendapat undangan khusus dari Dallara karena tim Campos Racing sebagai salah satu klien mereka di ajang GP2 dan tim yang menempati posisi lima besar pada klasemen balap musim lalu.

Yang istimewa dari uji simulasi di markas Dallara adalah simulator dilakukan di wind tunnel, sehingga pebalap benar-benar seperti sedang dalam kondisi balapan. Para pembalap pun harus memakai helm dan baju balap, karena selain merasakan tekanan angin mereka juga akan mengalami guncangan dari mobil simulator yang juga disetting bisa bergerak.

Sean dan Mitch sebenarnya juga selalu mengikuti uji simulator di markas Campos Racing yang berada di Valencia, Spanyol. Namun, mobil simulator yang dipakai hanya statis, tidak ada guncangan ataupun terpaan angin.

Sebelumnya Sean dan Mitch juga telah menambah pengalaman dengan mengikuti ajang balap Le Mans Seri Eropa di Sirkuit Silverstone, Inggris. Dalam balapan ketahanan selama empat jam itu, Sean dan Mitch, serta rekan mereka Antonio Giovinazzi mendapat hasil lumayan bagus dengan menempati posisi 5 besar dari 16 pebalap untuk kategori LMP2.

Seperti musim sebelumnya, balapan GP2 musim ini akan berlangsung sebanyak 11 seri. Sebanyak sembilan seri akan digelar di sirkuit negara Eropa, sedangkan dua sirkuit lainnya di Asia, yakni di Malaysia dan Abu Dhabi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini