Share

Marquez Kembali Gunakan Tiga Winglet

Aditya Wahyutomo , Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2016 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 06 38 1381946 marquez-kembali-gunakan-tiga-winglet-yujfKRIlV6.jpg Marc Marquez (Foto: Twitter Honda)
A A A

LE MANS – Honda tampaknya sudah sadar betul dengan penggunaan winglet di motornya. Seperti diketahui, Honda beberapa kali meluncurkan desain winglet yang digunakan oleh para pembalapnya di beberapa seri MotoGP 2016.

Winglet memang memiliki beberapa keunggulan. Marc Marquez yang menjadi pembalap Tim Repsol Honda mengakui bahwa penggunaan sayap tambahan berfungsi untuk menambah kecepatan motor ketika berada dalam trek lurus. Tak hanya itu, motor juga akan lebih seimbang ketika berada di tikungan.

Meski begitu, Marquez beberapa kali juga mengatakan bahwa sayap tambahan memiliki segudang masalah. Salah satu masalah yang ia soroti adalah penggunaan ban yang terlalu dieksploitasi karena penggunaan sayap tambahan.

Tak hanya itu, ia mengkritisi penggunaan sayap tambahan karena mampu mengancam keselamatan pembalap. Marquez memang sempat tersenggol dengan sayap tambahan pembalap Ducati namun beruntung dirinya tak mengalami cedera.

Meski sempat mengatakan tak setuju dengan penggunaan sayap tambahan, Marquez tetap menggunakan sayap tambahan di setiap balapan. Pada sesi latihan bebas di Sikruit Le Mans, Prancis, Jumat (6/5/2016), Marquez menggunakan tiga pasang sayap tambahan.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang hanya menggunakan satu pasang sayap. Namun jika diperhatikan, sayap yang digunakan oleh Marquez memiliki desain lebih kecil ketimbang miliki Pedrosa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yoh)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini