Share

Hot Sport: Atlet-Atlet Bulu Tangkis Masa Depan Indonesia

Zanel Farha Wilda, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2016 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 25 40 1397761 hot-sport-atlet-atlet-bulu-tangkis-masa-depan-indonesia-iNKLr0R1JB.jpg Tim Bulutangkis Indonesia (Foto: badmintonindonesia.org)
A A A

TIM Indonesia gagal meraih hasil terbaik di Piala Thomas 2016 lantaran “hanya” menempati peringkat kedua usai dikalahkan Denmark di partai final. Meski demikian, catatan positif terselip pada perjalanan Tim Thomas di ajang dua tahun yang berlangsung di China tersebut.

Di Piala Thomas tahun ini, Indonesia banyak menurunkan para pemain mudanya. Meski gagal memberikan gelar juara, performa para pemain muda pantas mendapat pujian karena mampu tampil apik dan membantu Indonesia hingga ke babak final.

Jika melihat para pemain yang diturunkan, Indonesia boleh menggantungkan masa depan kepada empat generasi muda yang ada saat ini. Berikut daftar lengkap empat pebulutangkis putra masa depan Indonesia, seperti yang dirangkum Okezone, Rabu (25/5/2016):

1. Jonatan Christie

Jonatan pantas dijadikan harapan masa depan Indonesia setelah melihat apa yang ditunjukkannya dalam beberapa tahun terakhir, khususnya ajang Piala Thomas 2016. Pebulu tangkis berusia 18 tahun itu berkontribusi besar dalam membawa Indonesia menjadi juara di babak kualifikasi Piala Thomas zona Asia di Hyderabad, India.

Di Piala Thomas 2016, Jonatan hanya kalah satu kali dari lima lama yang dimainkannya, yakni saat melawan Korea Selatan. Saat ini, Jojo -sapaan akrab Jonatan- menduduki peringkat dua tunggal putra di Indonesia dan peringkat 19 dunia, menemani seniornya Tommy Sugiarto yang ada di deretan 20 besar.

2. Anthony Ginting

Ginting menjadi pemain kedua yang menjanjikan untuk masa depan bulu tangkis Indonesia. Pria kelahiran Cimahi tersebut mampu memberikan penampilan yang konsisten dalam beberapa tahun terakhir. Di Piala Thomas 2016, ia hanya sekali mengalami kekalahan dari empat kali kesempatan bertanding yakni saat melawan wakil Denmark, Jan O Jorgensen, di partai final.

Saat ini, Anthony bertengger di posisi tiga nomor tunggal putra Indonesia. Sementara di ranking dunia, pebulu tangkis berusia 19 tahun tersebut menduduki posisi 23, ketiga terbaik setelah Tommy dan Jonatan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Ihsan Maulana Mustofa

Ihsan juga pantas menjadi harapan masa depan Indonesia. Sama seperti Jonatan dan Anthony, pemuda berusia 19 tahun tersebut juga turut berperan dalam membawa Indonesia menjuarai babak kualifikasi Piala Thomas zona Asia di Hyderabad, India. Meski gagal memberikan penampilan memuaskan di putaran final Piala Thomas, bukan berarti Ihsan boleh dicoret dari daftar pemain masa depan Tanah Air.

Pemain bertangan kanan tersebut saat ini menduduki peringkat empat pemain tunggal putra Indonesia. Sayangnya di peringkat dunia, Ihsan mengalami penurunan. Saat ini ia keluar dari 30 besar yakni berada peringkat 31.

4. Kevin Sanjaya Sukamuljo

Berbeda dengan Jonatan, Anthony, dan Ihsan, Kevin merupakan pebulu tangkis Indonesia yang bermain di nomor ganda. Atlet berpostur 170 sentimeter tersebut biasa dipasangkan dengan pemain yang lebih senior darinya yakni Marcus Fernaldi Gideon. Bersama Marcus, Kevin mampu bermain dengan sangat apik, di antaranya juara India Open Super Series 2016 dan Malaysia Master 2016.

Dengan Marcus, Kevin saat ini berstatus sebagai ganda putra ketiga Indonesia, setelah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Sementara di peringkat dunia, Kevin/Marcus menduduki posisi 13, satu posisi di bawah Angga/Ricky.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini