Share

Jakarta Siap Gelar Tafisa World Sport

Neneng Zubaidah, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2016 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 28 43 1399947 jakarta-siap-gelar-tafisa-world-sport-7VLohWZSPz.jpg Tafisa World Sport ( Foto: Sindonews )
A A A

JAKARTA - DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga rekreasi dunia Oktober nanti. Akan ada perwakilan dari 110 negara yang mengikuti kejuaraan ini.

Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, The Association For International Sport For All (Tafisa) adalah organisasi olahraga dunia yang membidangi olahraga rekreasi. Pada 6-12 Oktober Indonesia atau tepatnya di DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan olahraga rekreasi ini. “Kita siap menyambut 15.000 peserta luar negeri dan 15.000 peserta dalam negeri yang akan mengikuti kejuaraan dunia ini,” katanya usai Rakor Tingkat Menteri Persiapan Penyelenggaraan The 6th Tafisa World Sports For All 2016 di kantor Kemenko PMK, Jumat (27/5)

Puan mengatakan, tempat penyelenggaraan yang ditetapkan sebagai lokasi penyelenggaraan adalah Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Pantai Marunda (Kite's Festival), Mall ABC Ancol (Indoor), E-convention (indoor), Ballroom Hotel Mercure (Indoor), Function room Putri Duyung Cottage, Jakarta International Expo-Kemayoran,Taman Mini Indonesia Indah. Selain itu ada wilayah lain yang menjadi lokasi kejuaraan di enam kota lain yang masih lingkup DKI Jakarta.

Puan menerangkan, tidak hanya turnamen olahraga kelas dunia namun ada pula sejumlah kegiatan lain yang disajikan. Seperti festival dan pertunjukan olahraga dan permainan tradisional, olahraga disabilitas, olahraga massal, olahraga khusus dan festival kebugaran jasmani. Tidak hanya itu, ujarnya, adapula kongres dan forum international, festival dan pertunjukan budaya, promosi budaya dan juga pariwisata dan kuliner.

Politikus PDIP ini berharap banyak Indonesia akan sukses sebagai penyelenggara kejuaraan dunia ini. Tafisa merupakan event Internasional dengan jumlah peserta yang besar. Melalui event ini diharapkan mampu mengangkat sektor pariwisata dan pada gilirannya berdampak pada peningkatan perekonomian Indonesia. Tidak hanya itu, dia berharap para atlet pun bisa mendulang prestasi sebanyak mungkin dalam seluruh rangkaian kegiatan. “Kita harus bergotong royong menunjukkan bahwa sebagai bangsa, kita mampu menyelenggarakan event Internasional secara sukses, dengan penyambutan yang ramah dan khas Indonesia,” harapnya.

Turut hadir dalam rapat kemarin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Ketua Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FORMI) Hayono Isman, dan perwakilan instansi pemerintah terkait, seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, POLRI, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pada kesempatan ini dipaparkan beberapa poin tentang progress report persiapan Tafisa, kendala yang terjadi, evaluasi serta adanya kebijakan-kebijakan baru dan solusinya. Puan menjelaskan, pihaknya akan terus bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Diakui Puan, masih ada hal-hal yang harus dievaluasi dari persiapan yang ada saat ini, terutama masalah teknis dan penggunaan anggaran mengingat dana yang digunakan berasal dari APBN. “Kita harus bisa menjaga kualitas acaranya agar menarik,” katanya.neneng zubaidah

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini