Share

Hamilton Juara, Rio Haryanto Akhiri Balapan di Posisi 15

Tatang Adhiwidharta, Jurnalis · Minggu 29 Mei 2016 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 29 37 1400804 hamilton-juara-rio-haryanto-akhiri-balapan-di-posisi-15-V1Mkd8korO.jpg Lewis Hamilton. (Foto: F1 Fanatic)
A A A

MONTE CARLO - Pembalap asal Tim Mercedes, Lewis Hamilton, keluar sebagai yang tercepat saat mengaspal di Monte Carlo, Monaco pada Minggu (29/5/2016). Sementara itu, pembalap muda kebangaan Indonesia, Rio Haryanto, berhasil menyuntuh garis finis di posisi 15.

Jalannya Balapan

Memasuki awal lomba, Sirkuit Monte Carlo diguyur hujan. Para pembalap dipandu dengan safety car. Daniel Ricciardo mengawali lomba di pole position, sedangkan pembalap Indonesia, Rio Haryanto di posisi ke-19.

Memasuki lap ke-10 pembalap Manor Racing Team, Rio Haryanto berhasil melewati Kimi Raikkonen. Driver Ferrari tersebut menabrak dinding pembatas, alhasil Rio berada di urutan ke-14.

Pada lap ke-32, posisi terdepan milik Ricciardo diambil alih oleh Lewis Hamilton. Pembalap Mercedes tersebut memanfaatkan laju jet daratnya saat driver Red Bull tersebut memasuki pit stop.

Kali ini nasib buruk menyelimuti Max Verstappen, pada putaran ke-35 ia telat mengendalikan kemudinya. Alhasil ia menabrak tembok pembatas di sisi kanan lintasan. Kondisi ini menjadi keuntungan bagi Rio, hingga ia menyodok ke posisi ke-13.

Pada putaran ke- 48 pembalap Force India, Sergio Perez membuat kejutan dengan menyodok posisi Sebastian Vettel untuk menduduki tangga ketiga. Ia mencatatkan waktu tercepatnya dengan 1 menit 19,417 detik.

Pada lap ke-50 pembalap Sauber, Felipe Nasr, mengalami insiden tabrakan kecil dengan rekan setimnya, Marcus Ericsson. Hal ini memaksa Stewards mengibarkan bendera kuning, untungnya ia bisa masuk ke pit stop hingga bisa melanjutkan balapan.

Rekan Rio, Wehlrein mendapatkan penalti 10 detik dari Steward. Sebab, ia mengabaikan tanda bendera biru karena akan di over lap oleh pembalap yang berada di barisan depan.

Memasuki lap terakhir, Hamilton berhasil finis diurutan pertama, kemudian disusul Ricciardo. Sedangkan posisi ketiga diisi oleh pembalap Force India, Sergio Perez. Atas kemenangan ini, Hamilton sukses mencatat kemenangan perdananya musim ini. Sementara itu, finis di posisi 15 merupakan raihan terbaik Rio selama tampil di ajang F1 2016.  

Berikut hasil lengkap balapan di GP Monaco:

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(pds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini