Share

Pertama Kali, Indonesia Akan Gelar Kejuaraan Tinju Pantai

Agregasi Kedaulatan Rakyat, Jurnalis · Kamis 28 Juli 2016 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 28 43 1449103 pertama-di-dunia-indonesia-akan-gelar-kejuaraan-tinju-pantai-OI91BLkueS.jpg Ilustrasi
A A A

JAKARTA - Indonesia akan membuat sejarah baru dunia tinju profesional dengan menggelar pertandingan tinju di atas pasir pantai. Perhelatan ini diberi titel kejuaraan tinju pantai.

Kejuaraan ini akan dilakukan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan (Sumsel) pada 24 September hingga 8 Oktober 2016.

"Kami daerah pemekaran baru karena baru 2013 memisahkan diri dari Muara Enim. Melalui olahraga tinju, kami ingin promosikan daerah kami ke seluruh nusantara hingga ke dunia internasional. Kami tak akan kecewakan penyelenggaraan, apalagi event ini bawa nama Indonesia dan merupakan kegiatan pertama di dunia," kata Bupati PALI, Heri Amalindo seperti dikutip dari KRjogja, Kamis (28/7/2016).

Promotor Kejuaraan Tinju Pantai, Sutrija menjelaskan, kejuaraan ini merupakan kreatifitas anak bangsa. Tujuannya, untuk mengangkat drajat olahraga Indonesia ke level dunia. Sebab, pelaksanaan olahraga ini rencananya akan ditingkatkan ke level Asia Tenggara, lalu Asia, kemudian ke dunia.

Untuk kejuaraan kali ini di PALI, rencanana akan dihadiri petinju asal luar negeri asal Malaysia dan Singapura. Total, ada 80 petinju dari lima kelas yang merupakan representasi dari lima komisi tinju di Indonesia yang akan ambil bagian.

Rinciannya, masing-masing komisi akan mengirimkan 16 petinjunya. Untuk kelasnya, terbang junior (49 kg), bantam junior (52,2 kg), bulu junior (55,3 kg), bulu (57,1 kg), dan kelas ringan (62,1 kg).

"Untuk masing-masing juara dari semua kelas akan mendapat hadiah uang dan sabuk ikan tuna yang merupakan ikan termahal di dunia. Untuk peringkat dua dan tiga menyesuaikan. Kami juga akan berikan uang kepada petinju untuk setiap partai. Untuk keamanan, kami juga asuransikan mereka per partai," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini