Share

Top Sport: Tiga Pembalap Finlandia yang Juarai F1

Reza Saputra, Jurnalis · Kamis 25 Agustus 2016 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 25 37 1472834 top-sport-tiga-pembalap-finlandia-yang-juarai-f1-TLyKDoC0OG.jpg Kimi Raikkonen. (Foto:Reuters)
A A A

MEMBICARAKAN ajang balap Formula One (F1), yang langsung terlintas pasti hanya ada Inggris dan Jerman. Kedua negara tersebut mampu menguasai balapan setidaknya dalam kurun waktu enam tahun terakhir.

Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton terus bersaing untuk memperebutkan tempat teratas dalam daftar gelar juara dunia. Namun siapa sangka, jauh sebelum kedua negara tersebut, ada Finlandia yang sukses melahirkan beberapa nama pembalap hebat.

Di era modern seperti sekarang, semua pencinta balap F1 tersebut pasti mengenal sosok Kimi Raikkonen. Pembalap yang saat ini membela Tim Scuderia Ferrari masih mampu menunjukkan tajinya sebagai salah satu pembalap kenamaan.

Namun, Raikkonen bukan satu-satunya pembalap Finlandia yang mampu mencetak prestasi di ajang jet darat tersebut. Tercatat, sejauh ini setidaknya ada tiga pembalap asal Finlandia yang sukses meraih gelar juara dunia F1.

1. Keke Rosberg (1982)

Mendengar nama Rosberg, pasti yang langsung terpikir adalah sosok Nico Rosberg. Rekan setim Lewis Hamilton tersebut merupakan anak dari salah satu legenda F1, Keke Rosberg. Keke merupakan pembalap yang tampil di era 80-an. Puncak prestasinya adalah saat berhasil merengkuh gelar juara dunia pada musim 1982.

2. Mika Hakkinen (1998, 1999)

Selepas Keke Rosberg, muncul lagi satu pembalap asal Finlandia yang sukses mencuri perhatian dunia. Mika Haikken, pembalap kelahiran Vanta, Finlandia tersebut mampu tampil impresif bersama Tim Lotus pada akhir 90-an. Tidak tanggung-tanggung, dua gelar juara dunia beruntun mampu diraih pria 47 tahun tersebut yakni tahun 1998, 1999.

1. Kimi Raikkonen (2007)

Seperti yang sempat disinggung di atas, Kimi Raikkonen merupakan pembalap asal Finlandia yang mampu mencetak prestasi di ajang balap F1. Memulai debut bersama Tim Sauber pada 2001, ternyata kemampuan Raikkonen sukses mencuri perhatian Honda McLaren yang merupakan salah satu tim kuat saat itu. Namun, puncak karier pembalap 36 tahun tersebut adalah saat bergabung dengan Tim Ferrari pada 2007. Ia sukses keluar sebagai juara dunia setelah meraih enam kemenangan dari 17 seri yang berlangsung.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini