Share

Rosberg & Hulkenberg Beda Pendapat soal Pelindung Halo

Randy Wirayudha, Jurnalis · Sabtu 27 Agustus 2016 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 27 37 1474712 rosberg-hulkenberg-beda-pendapat-soal-pelindung-halo-fw6KMc8VzU.jpg Nicolas "Nico" Erik Rosberg menjajal alat pelindung Halo (Foto: Mercedes)
A A A

STAVELOT – Inovasi demi inovasi mulai diperkenalkan di pentas jet darat Formula One (F1). Yang terbaru, para pembalapnya mencoba sebuah alat pelindung kokpit yang disebut ‘Halo’.

Alat ini terdiri dari sebuah benda berbentung palang padat berkaki tiga yang diletakkan di kokpit mereka. Gunanya untuk melindungi kepala mereka dari benda-benda membahayakan yang melayang ke arah mereka jika terjadi kecelakaan.

Diperkenalkannya alat pelindung ini tak lepas dari insiden kecelakaan maut yang menimpa seorang pembalap IndyCar, Justin Wilson beberapa waktu lalu. Begitu juga dengan kecelakaan hebat Jules Bianchi di GP Jepang 2014 silam.

Untuk sementara, baru empat pembalap yang mencoba alat pelindung Halo ini. Di antaranya adalah pembalap Mercedes Nico Rosberg, pembalap Red Bull Daniel Ricciardo, Carlos Sainz dari Toro Rosso dan pilot Force India Nico Hülkenberg.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rosberg yang sudah mencobanya pada sesi latihan bebas pertama GP Belgia kemarin, menyatakan alat itu tidak mengganggu penglihatannya di lintasan. Buktinya, Rosberg pun mencatatkan waktu tercepat di sesi latihan perdana.

“Alat ini tidak mengganggu saya ketika balapan. Saya bisa tetap tampil cepat dan bahkan mencatatkan waktu terbaik di sesi pertama. Jadi saya rasa percobaan (pemakaian) alat ini sukses,” tuturnya, disadur Strait Times, Sabtu (27/8/2016).

Hal serupa juga dinyatakan Sainz. “Tidak ada masalah buat saya. Saat melewati (section sirkuit) Eau Rouge...Anda masih bisa melihat tikungannya dengan sempurna,” timpalnya.

Pernyataan senada juga datang dari Ricciardo. Hanya Hülkenberg yang mengaku tak betah dengan adanya pelindung Halo itu di kokpitnya. “Rasanya aneh ada alat tersebut,” tandasnya singkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini