Share

PR Berat PON XX 2020, Papua Siapkan Rp17 Triliun

Randy Wirayudha, Jurnalis · Minggu 25 September 2016 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 25 43 1498109 pr-berat-pon-xx-2020-papua-siapkan-rp17-triliun-El9mmkP3jD.jpg Ilustrasi (Foto: gubernurlukasenembe.com)
A A A

BANDUNG – Provinsi paling timur di Indonesia, Papua, sudah ditabalkan untuk jadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) berikutnya empat tahun mendatang. Setelah bergantian dihelat di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa, kini giliran Bumi Cendrawasih untuk jadi tuan rumah PON XX 2020.

Jelas tugas jadi tuan rumah PON ke-20 ini akan jadi pekerjaan rumah (PR) yang berat buat Papua. Namun Steven, Wakil Ketua Kontingen Papua di PON XIX Jabar tahun ini, menyatakan provinsinya siap bekerja keras untuk menyiapkan semua venue.

"Sepulang dari sini, kami akan langsung bekerja mempersiapkan penyelenggaraan PON yang akan datang. Kami siap menyelenggarakan multievent ini. Teman-teman wartawan mohon bisa datang nanti pada waktunya," papar Steven, dilansir situs resmi PON dan Peparnas.

Selain menyiapkan venue yang memenuhi standar nasional dan bahkan internasional, Papua juga mesti memikirkan tentang problem transportasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Kalau di sini transportasi dengan mobil. Nanti di Papua atlet akan diangkut dengan pesawat. Tak mungkin kita menggunakan mobil," tambahnya.

Oleh karena itulah, Pemerintah Provinsi Papua diharuskan mengeluarkan anggaran yang lebih besar ketimbang beberapa tuan rumah PON sebelumnya.

Disebutkan, Papua bakal menggelontorkan anggaran hingga Rp17 triliun untuk semua keperluan PON. "Untuk mengangkut atlet saja, kami harus menggunakan pesawat," lanjut Steven lagi.

Terkait pembangunan sejumlah venue cabang olahraga, Steven memaparkan bahwa pembangunannya dibagi menjadi lima cluster, di mana kondisi venue yang sudah ada saat ini baru mencapai 40 persen.

Lima cluster sebagai pembagian pembangunan venue-venue PON ini terdiri dari Cluster I untuk wilayah Jayapura, Sentani dan Sorong, Cluster II Wamena dan Lanijaya, Cluster III Timika, Cluster IV Merauke dan Cluster V Biak.

1
2
   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini