Share

Sportpedia: Syarat Pergantian Pembalap di F1

Reza Saputra, Jurnalis · Selasa 27 September 2016 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 27 37 1499789 sportpedia-syarat-pergantian-pembalap-di-f1-BeRoOcIN5I.jpg Sportpedia: Syarat pergantian pembalap di F1. (Foto:Reuters)
A A A

SUDAH bukan rahasia lagi jika ajang balap Formula One (F1) merupakan salah olahraga ekstrem. Tak jarang para pembalap yang berada di belakang kemudi harus menderita cedera akibat insiden yang terjadi di atas lintasan.

Jika sudah seperti ini, tim dipastikan akan mengalami kesulitan mengenai balapan yang akan berlangsung. Oleh karena itu, tim langsung bergerak cepat untuk menentukan siapa pilot yang akan menggantikan pembalap utama.

Namun, pergantian pembalap tidak bisa semerta-merta dilakukan begitu saja. Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi jika tim ingin melakukkan pergantian dari pembalap utama dengan cadangan. Selain itu, orangnya pun tidak bisa sembarangan.

Menurut peraturan yang diterbitkan oleh Federasi Otomotif Dunia (FIA), setiap tim hanya diperbolehkan menggunakan empat pembalap. Artinya, jika sebuah tim memiliki dua pembalap utama, mereka hanya diperbolehkan memiliki dua pembalap cadangan.

Dalam pengajuan daftar nama pembalap pengganti juga tidak bisa sembarangan. Sebuah tim harus melakukan pergantian pembalap sebelum berlangsungnya sesi free practice maupun kualifikasi, dan usulan tersebut harus dilakukan setelah pukul 16:00 pada hari di mana scrutineering menerima persetujuan dari steward.

Selain syarat di atas, FIA juga memberikan peraturan lain mengenai pergantian pembalap di F1:

a. Di mana steward menerima daftar mobil serta pembalap yang akan terlibat dalam setiap sesi sebelum scrutineering awal, perubahan setelahnya harus melalui persetujuan steward.

b. Setiap tim tidak boleh menggunakan lebih dari empat pembalap dalam satu musim.

c. Mereka membawa nomor balap yang akan dipakai setiap pembalap.

d. Mereka harus menggunakan mesin serta ban yang diberikan.

e. Mereka memiliki lisensi super.

Selain itu ada peraturan yang mengikat pembalap cadangan jika bergabung saat di tengah seri (FP maupun kualifikasi). Jika steward menyetujui perubahan pembalap di tengah seri, maka pembalap cadangan tidak bisa mengganti penggunaan mesin maupun pemilihan ban yang sudah dipilih pembalap utama.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzs)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini