Share

Gelar Juara Umum PON XIX Sudah Milik Jabar

Oris Riswan, Jurnalis · Rabu 28 September 2016 00:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 27 43 1500282 gelar-juara-umum-pon-xix-sudah-milik-jabar-Nugr4TJYWd.jpg Pemaparan klasemen medali di mana Jawa Barat disebutkan sudah tak bisa lagi terkejar DKI atau Jatim (Foto: Oris Riswan/OKEZONE)
A A A

BANDUNG – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 belum selesai. Tapi gelar juara umum sudah menjadi milik tuan rumah Jawa Barat (Jabar). Saat ini, Jabar kokoh di puncak klasemen dengan raihan 191 medali emas, 140 perak dan 142 perunggu.

Posisi kedua ditempati Jawa Timur (Jatim) dengan raihan 123 medali emas, 123 perak dan 116 perunggu. Sedangkan posisi ketiga dihuni DKI Jakarta dengan 118 medali emas, 115 perak dan 112 perunggu.

Di posisi empat, ada Jawa Tengah (Jateng) yang jaraknya sangat jauh dengan peringkat di atasnya. Jateng baru mengoleksi 26 medali emas, 49 perak, dan 72 perunggu. Peringkat kelima ada Kalimantan Timur (Kaltim) dengan raihan 21 medali emas, 30 perak, dan 60 perunggu.

Ketua Bidang Pertandingan Panitia Besar (PB) PON XIX Yudha Munajat Saputra mengatakan, peta persaingan untuk memburu gelar juara PON sudah selesai. Posisi Jabar di puncak klasemen sudah tidak mungkin disalip oleh Jatim maupun DKI.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Jabar sudah meraih 24 persen medali. Sudah selesai persaingan untuk posisi satu," ujar Yudha, Selasa 27 September malam.

Adapun raihan medali Jabar sudah tidak mungkin terkejar oleh Jatim dan DKI. Sehingga bisa dipastikan Jabar akan keluar sebagai juara umum PON XIX.

Persaingan menarik justru terjadi untuk posisi kedua antara Jatim dan DKI. Keduanya sama-sama memiliki peluang terbuka untuk finis sebagai runner-up PON XIX.

"Posisi Jatim dan DKI masih bisa bergeser. Siapa yang akan berada di posisi dua, kita tunggu saja hasil pertandingan besok," ungkapnya.

Yudha mengatakan, sampai hari ini sudah 24 cabang olahraga (cabor) yang selesai dipertandingkan. Dari 24 cabor itu, Jabar menjadi juara umum pada 15 cabor. PON sendiri tinggal menyisakan satu hari lagi yaitu pada Rabu, 28 September mendatang.

Sedangkan pada Kamis, 29 September, tidak akan ada lagi pertandingan. Hari itu hanya akan difokuskan untuk seremoni penutupan PON di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini