Share

Sportpedia: Profil Sepang International Circuit

Rully Fauzi, Jurnalis · Rabu 28 September 2016 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 28 38 1501221 sportpedia-profil-sepang-international-circuit-2xVDiYQaIj.jpg
A A A

SIRKUIT Sepang dikenal sebagai salah satu sirkuit terbaik di dunia. Sirkuit yang berdiri di komplek seluas 2300 hektar ini dibangun hanya dalam waktu 14 bulan. Sepang pertama kali menjadi tuan rumah balap MotoGP pada April 1999 dan langsung menjadi standar bagi sirkuit bertaraf internasional di seluruh dunia.

Selain layout sirkuit yang manantang, Sirkuit Sepang juga mempunyai tantangan lain berupa cuaca. Terletak di negara tropis, suhu udara panas dan tingkat kelembaban yang tinggi adalah ujian yang sesungguhnya bagi para pembalap.

MotoGP 2016 kini tinggal menyisakan empat seri, salah satunya akan digelar di Sepang pada 30 Oktober mendatang.

Lokasi sirkuit ini terletak 50km selatan dari Ibukota Negara Malaysia, Kuala Lumpur. Adalah arsitektur kenamaan asal Jerman, Hermann Tilke yang mendesain langsung layout Sirkuit Sepang. Sebenarnya, sirkuit ini sudah ada sejak tahun 1962. Namun, desain awalnya diperuntukkan untuk dirt circuit, tak heran jika tidak banyak menghelat balapan. 

Sirkuit Sepang baru dilakukan perubahan secara signifikan pada 1968. Dan akhirnya sirkuit ini diresmikan oleh Perdana Menteri Malaysia kala itu, Mahathir Mohamad pada 1999.

Secara khusus, Sirkuit Sepang dibangun sebagai sirkuit berkarakteristik cepat dan telah menahbiskan diri sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Sepang memiliki trek balapan searah jarum jam dengan panjang sirkuit 5.543 km, dengan kombinasi tikungan sebanyak 15, serta delapan jalur semi lurus, maupun lurus panjang dengan kecepatan yang dapat ditempuh lebih dari 300 km/jam. Trek balap sirkuit ini memungkinkan ada banyak peluang dan kesempatan pebalap untuk saling menyalip (overtaking)

Valentino Rossi mencatatkan diri sebagai rider tersukses dengan enam kemenangan di Sirkuit Sepang di level premier class.

Selama perhelatannya, Sirkuit Sepang telah banyak menjadi saksi dari peristiwa penting dalam gelaran MotoGP. Di MotoGP 2009, Rossi memastikan gelar juara dunianya yang kesembilan di sirkuit ini. Namun, musim 2011 menjadi saksi kelam saat Marco Simoncelli tewas ketika mengaspal di Sepang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini