Share

Doa untuk Garut dan Pesta Kembang Api Warnai Penutupan PON XIX Jawa Barat

Oris Riswan, Jurnalis · Kamis 29 September 2016 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 29 43 1502193 doa-untuk-garut-dan-pesta-kembang-api-warnai-penutupan-pon-xix-jawa-barat-e8LA4B3sr3.jpg Closing ceremony PON XIX (Foto: Oris Ridwan/Okezone)
A A A

BANDUNG - Kegiatan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dibuka pukul 19.30 WIB di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (29/9/2016).

Suasana keberagaman Indonesia terasa saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan di awal acara. Paduan suara yang mayoritas anak-anak dan remaja tampil dengan mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah.

Setelah itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin mengheningkan cipta atas berbagai bencana yang terjadi di Indonesia, khususnya banjir bandang di Kabupaten Garut.

"Dalam syukuran kita malam ini, kita juga menyampaikan duka yang dalam dan doa kepada warga kita, saudara-saudara kita yang menjadi korban dalam bencana alam di seluruh negeri ini, khususnya yang terjadi beberapa hari lalu di Jabar, khususnya di Garut," kata JK.

Tak lama setelah prosesi mengheningkan cipta selesai, suasana di lokasi langsung gegap gempita dengan letusan kembang api. Pesta kembang api mewarnai langit GBLA.

Kemeriahan pesta kembang api mendapat sambutan antusias penonton yang sudah hadir di lokasi. Tepuk tangan dan teriakan membahana menyambut letusan kembang api di udara.

Penyanyi Rossa kemudian tampil dengan membawakan lagu Bubuy Bulan dengan diiringi ratusan penari. Ia bernyanyi dengan latar belakang panggung berupa video mapping yang menampilkan beragam motif kain tradisional berbagai daerah di Indonesia.

Setelah Rossa tampil, ratusan anak-anak masuk ke area pertunjukkan. Mereka memainkan angklung dengan lampu warna-warni yang terpasang pada angklungnya. Mereka membawakan lagu Manuk Dadali dan Tokecang yang merupakan lagu asal Jawa Barat.

Beragam kemeriahan akan terus tersaji hingga prosesi penutupan usai. Nuansa keberagaman Indonesia menjadi konsep utama yang akan ditampilkan. Salah satunya adalah tarian saman yang berasal dari Aceh.

Di lokasi, tampak sudah hadir Menpora Imam Nahrawi, Ketua DPR RI Ade Komarudin, Ketum KONI Pusat Tono Suratman, dan para pejabat lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(pds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini