Share

Sportpedia: Ferrari, Raja di Sirkuit Sepang Malaysia

Rully Fauzi, Jurnalis · Jum'at 30 September 2016 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 30 37 1503246 sportpedia-ferrari-raja-di-sirkuit-sepang-malaysia-ShoLbbMzGT.jpg
A A A

SEMPAT jadi raja konstruktor di ajang Formula One (F1), Scuderia Ferrari kini berada di bawah bayang-bayang Mercedes AMG, bahkan Red Bull. Di F1 2016, dua driver andalan Tim Kuda Jingkrak, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen belum pernah menang sama sekali. Vettel baru tiga kali naik podium, sementara Kimi bahkan baru dua kali dari 15 seri yang telah dihelat.

F1 2016 pun tinggal menyisakan enam seri lagi. Jika bicara peluang meraih kemenangan pertama bagi Ferrari musim ini, maka bisa dibilang Malaysia-lah tempatnya. Kebetulan GP Malaysia pun akan digelar akhir pekan ini di Sirkuit Sepang.

Setelah gagal total di Singapura dua pekan lalu, Ferrari memang boleh banyak berharap kali ini. Tim Kuda Jingkrak memang punya sejarah yang manis di Sepang, bahkan bisa dibilang kalau tim yang bermarkas di Maranello, Italia itu merupakan rajanya GP Malaysia.

Ferrari telah tujuh kali menang di Sepang, yakni lewat Eddie Irvine pada 2000, Michael Schumacher (2000, 2001, 2004), Raikkonen (2008), Fernando Alonso (2012), dan Vettel (2015).

Ya, selain di Singapura, tahun lalu Ferrari juga sukses menang di Malaysia lewat Vettel, ditengah superiornya Mercedes dengan Lewsi Hamilton dan Nico Rosberg-nya. Meski demikian, harus diakui kalau tahun ini Ferrari sedang berada dalam situasi sulit.

Pengembangan mobil SF16-H yang dilakukan terus-menerus sepanjang musim tak kunjung mendapatkan hasil yang diharapkan. Bahkan saking agresifnya dalam mendongkrak performa mesin, Ferrari menjadi tim pertama yang menghabiskan jatah 32 token yang disediakan sepanjang satu musim.

Pengembangan terakhir mereka hingga menghabiskan jatah token dilakukan saat balapan kandang di GP Italia. Itupun belum cukup untuk menandingi Mercedes. Bahkan untuk bersaing dengan Red Bull rasanya semakin berat. Dengan sisa enam token hingga akhir musim, Red Bull diprediksi bakal semakin superior di hadapan Ferrari.

Kini Ferrari hanya bisa menaruh harapannya pada dua ujung tombak mereka di sirkuit; Vettel dan Raikkonen, dua driver papan atas yang pernah mengecap indahnya menjadi juara dunia. Rekor keduanya di Malaysia fantastis.

Vettel jelas pembalap tersukses di Sepang. Enam balapan terakhir yang digelar di Negeri Jiran, driver asal Jerman itu  sukses empat akali menang. Tiga kali bersama Red Bull dan terakhir tahun lalu bersama Ferrari. Sedangkan Raikkonen sudah du kali menang di Malaysia, yakni pada 2003 dan 2008.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rul)

   

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini