Share

8 Fakta Pembalap yang Pernah Berjaya di Sirkuit Phillip Island (1)

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 21 Oktober 2016 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 21 38 1520885 8-fakta-pembalap-yang-pernah-berjaya-di-sirkuit-phillip-island-1-jicdGcfkPR.jpg
A A A

BALAPAN yang akan berlangsung pada Minggu 23 Oktober 2016 akan menjadi balapan ke-27 Grand Prix (GP) Australia. Awalnya, Australia menjadi tuan rumah ajang bergengsi ini pada 1989 dengan Sirkuit Eastern Creek selama enam tahun berturut-turut.

Tepatnya pada 1997, Phillip Island ditetapkan sebagai sirkuit yang menjamu ajang balap bergengsi Eropa tersebut . Minggu ini adalah ke-21 kalinya Sirkuit Phillip Island menjadi tuan rumah GP Australia untuk MotoGP.

Sirkuit yang terbentang sepanjang 4.445 kilometer ini memang disukai oleh sejumlah rider MotoGP karena lintasan ini cenderung membutuhkan kecepatan dan tidak begitu banyak dipenuhi tikungan tajam.

Dalam artikel kali ini, Okezone akan merangkum beberapa fakta unik mengenai pembalap yang berhasil meraih kesuksesan di ajang MotoGP seri Grand Prix (GP) Australia, Phillip Island.

Berikut fakta-fakta pembalap MotoGP di Sirkuit Phillip Island:

1. Honda rupanya menjadi produsen kuda besi yang paling sukses ketika melintas di sirkuit Negeri Kanguru tersebut. Terbukti di era MotoGP tim dari Negeri Sakura itu sukses mengantongi lima kemenangan. Kemenangan terakhir sukses diraih Casey Stoner pada 2012.

2. Ducati sukses meraih empat kali kemenangan berturut-turut di Sirkuit Phillip Island pada musim 2007 hingga 2010. Semua hasil positif tersebut diraih oleh Casey Stoner yang notabene berkebangsaan Australia. Sirkuit ini telah menjadi rumah sendiri baginya.

3. Tidak mau kalah dengan tren positif yang diperoleh Honda dan Ducati, Yamaha juga sukses memenangkan empat kali kompetisi di Sirkuit Phillip Island. Dua kemenangan terakhir mereka terjadi pada 2013 ( Jorge Lorenzo) dan 2014 ( Valentino Rossi ).

4. Suzuki tampaknya kurang mampu meraih tren positif kala mengaspal di Phillip Island. Terbukti, mereka hanya mampu menang sebagai juara dua pada musim 2006. Saat itu, Chris Vermeulen menjadi rider yang naik podium .

Bersambung

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(lsk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini